Penjualan Mobil Jepang di Amerika Utara Melambat

Kompas.com - 22/11/2016, 11:43 WIB
Pekerja pabrik Toyot di Jepang tidak dinilai dari senioritas. www.japantimes.co.jpPekerja pabrik Toyot di Jepang tidak dinilai dari senioritas.
|
EditorAris F Harvenda

Tokyo, KompasOtomotif  - Perlambatan di pasar Amerika Utara untuk merek mobil asal Jepang, semakin muncul ke permukaan. Tahun ini pertumbuhan penjualan tidak secepat tiga tahun belakangan, mengutip Nikkei, Selasa (22/11/2016).

Berubahnya demand ke arah mobil besar nampaknya jadi faktor kunci, di mana segmen tersebut menjadi keahlian dari merek-merek asal Amerika. Semakin populernya mobil besar juga merupakan imbas dari harga minyak yang murah.

Jika perlambatan berlanjut, pabrikan Jepang bisa sangat besar. Pasalnya pasar Amerika Utara menghasilkan penjualan terbesar mereka.

Toyota memperkirakan penjualan di Amerika Utara jatuh 0,6 persen menjadi 2.820.000 unit pada tahun fiskal 2016, di mana ini merupakan penurunan pertama dalam lima tahun. Penurunan penjualan (year on year) juga diprediksi bakal menimpa Nissan Motor, Honda Motor, Mazda Motor dan Mitsubishi Motors, kecuali Fuji Heavy Industries produsen Subaru, yang punya penjualan sehat dari SUV-nya.

Pasar Amerika Utara untuk mobil baru pulih setelah tragedi Lehman Shock di 2008. Penjualan tumbuh selama enam tahun berturut-turut mulai 2010. Total penjualan mencapai rekor tinggi 17.470.000 unit pada 2015. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X