Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Murah Rawat Mobil Mesin Diesel Mercy

Kompas.com - 21/11/2016, 09:01 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Nusa Dua, KompasOtomotif - Mesin diesel saat ini sudah cukup canggih dibandingkan satu dekade lalu. Dengan banyaknya fitur dan teknologi baru yang disematkan, membuat mesin diesel saat ini bukan hanya bertenaga, tapi juga "bandel".

Kerena perkembangan tersebut, banyak merek mobil premium mengembangkan mesin diesel untuk produknya. Contohnya seperti Mercedes-Benz, yang sudah mengaplikasi mesin diesel pada beberapa line-up, baik sedan, SUV, sampai MPV.

Selain berteknologi, mesin disel yang digunakan pada Mercedes-Benz juga punya kelebihan lain, yakni lebih mudah dalam perawatan. Yudi Lesmana, Departemen Manager Produk Manajemen Mercedes-Benz Distribution Indonesia, menjelaskan, pada dasarnya mesin diesel yang digunakan Mercy minim dalam hal perawatan.

"Soal perawatan tidak ada yang khusus. Mesin diesel itu cukup bandel, apa lagi yang era sekarang. Untuk perawatan juga sangat mudah, cukup mengikuti servis berkala di bengkel resmi Mercedes-Benz," ucap Yudi di Nusa Dua, Bali, Kamis (17/11/2016).

Lebih murah

Selain mudah dalam perawatan, keuntungan menggunakan mesin diesel juga cukup beragam. Mulai dari sisi efesiensi, tenaga yang besar, sampai biaya yang lebih murah di bandingkan mesin penenggak bensin.

Stanly/Otomania Mercedes-Benz Vans Media Experience, Denpasar-Bali.

"Kalau diperhatikan, biaya perawatan mesin diesel dan bensin lebih murah yang diesel, karena perawatan cukup mudah, tidak sebanyak bensin. Terpenting adalah menjaga dan mengikuti ketentuan bahan bakar yang sudah dianjurkan," papar Yudi.

Bila bahan bakar tidak sesuai, lanjut Yudi, maka banyak risiko yang harus dihadapai konsumen. Terlebih dengan mesin diesel yang rata-rata sudah mengusung teknologi Euro 4.

Mulai dari pelemahan performa mesin, kerusakan mesin, sampai hilangnya garansi mobil karena penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai. "Kalau sampai kedapatan mobil rusak akibat bahan bakar yang tidak sesuai, maka garansi akan hangus," kata Yudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com