Jangan Paksakan Kemampuan "Off-Road" Pikap Kabin Ganda

Kompas.com - 17/11/2016, 11:01 WIB
Tangguh di medan off-road dan jadi kebanggaan saat bersosialisasi KompasOtomotifTangguh di medan off-road dan jadi kebanggaan saat bersosialisasi
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif Pikap kabin ganda identik pekerja keras yang biasa dipakai jadi solusi transportasi di medan berat. Seiring perkembangan teknologi, perlengkapan off-road pun semakin modern. Namun, kendati punya senjata lengkap, model ini juga punya keterbatasan.

Rata-rata pikap kabin ganda yang dijual di dalam negeri punya spesifikasi penggerak semua roda. Tetapi buat tangguh di medan off-road, tidak cukup hanya mengandalkan hal itu. Ada banyak faktor lain yang menentukan, misalnya ground clearance, approach dan departure angle,  serta jenis ban yang dipakai.

Istimewa Off-Road Sambut Kemerdekaan dan Hari Jadi Bhayangkara
Nah, menurut Konsultan dari Indonesia SmartDrive Momon S Maderoni, pengemudi wajib mengenali spesifikasi kendaraan yang dia gunakan. Hal ini berkaitan dengan keputusan untuk mengatasi rintangan off-road.

“Bijaksana menggunakan kendaraan, pada umumnya orang tidak bijaksana. Kita juga harus menyadari ada keterbatasan. Parahnya lagi, orang kita menganggap pikap kabin ganda itu jip. Padahal ini kan mobil kerja yag ditambahkan 4X4,” kata Momon di Bogor, Sabtu (12/11/2016).

Kenal kemampuan kendaraan menguatkan safety driving. Paham dengan potensinya mengurangi memaksa kendaraan di luar kemampuan yang bisa berujung bahaya. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X