Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Paksakan Kemampuan "Off-Road" Pikap Kabin Ganda

Kompas.com - 17/11/2016, 11:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif Pikap kabin ganda identik pekerja keras yang biasa dipakai jadi solusi transportasi di medan berat. Seiring perkembangan teknologi, perlengkapan off-road pun semakin modern. Namun, kendati punya senjata lengkap, model ini juga punya keterbatasan.

Rata-rata pikap kabin ganda yang dijual di dalam negeri punya spesifikasi penggerak semua roda. Tetapi buat tangguh di medan off-road, tidak cukup hanya mengandalkan hal itu. Ada banyak faktor lain yang menentukan, misalnya ground clearance, approach dan departure angle,  serta jenis ban yang dipakai.

Istimewa Off-Road Sambut Kemerdekaan dan Hari Jadi Bhayangkara
Nah, menurut Konsultan dari Indonesia SmartDrive Momon S Maderoni, pengemudi wajib mengenali spesifikasi kendaraan yang dia gunakan. Hal ini berkaitan dengan keputusan untuk mengatasi rintangan off-road.

“Bijaksana menggunakan kendaraan, pada umumnya orang tidak bijaksana. Kita juga harus menyadari ada keterbatasan. Parahnya lagi, orang kita menganggap pikap kabin ganda itu jip. Padahal ini kan mobil kerja yag ditambahkan 4X4,” kata Momon di Bogor, Sabtu (12/11/2016).

Kenal kemampuan kendaraan menguatkan safety driving. Paham dengan potensinya mengurangi memaksa kendaraan di luar kemampuan yang bisa berujung bahaya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com