Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari EICMA, Milan.

Motor Listrik Zero Makin Kencang dan ”Tahan Lama”

Kompas.com - 14/11/2016, 07:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotifZero Motorcycles menyempurnakan semua line-up untuk model 2017, diklaim punya torsi lebih besar 19 persen, tenaga naik 11 persen, sekaligus menjadi motor listrik produksi massal dengan jarak tempuh paling jauh. Pembaruan itu dikenalkan dalam ajang EICMA, Milan, yang berlangsung pada 8-13 November 2016.

Rahasia sebagian besar kelebihan itu datang dari motor Zero Z-Force, termasuk magnet motor permanen dengan peningkatan ambang batas suhu dan pengendali motor ampere yang lebih tinggi. Artinya, torsi instan 146 Nm bisa tersembur, lebih dari motor bensin mana pun.

Zero S dan SR terbagi atasi tiga model, S ZF6.5 11kW, S ZF13.0 11kW, dan S ZF13.0. Semua menggendong baterai lebih compact dan menghemat 43 kg. Baterai yang lebih kecil berhasil menambah ruang penyimpanan.

Lalu ada Zero DS, model dengan gaya adventure yang dilengkapi dengan sepatbor tinggi dan ban dua alam. DS ditenagai motor yang sama dengan S. Kalau mau lebih bertenaga, Zero Motorcycles menawarkan DSR.

Ada lagi, Zero FX, yang merupakan motor listrik penjelajah, ditemani FXS yang merupakan tipe supermoto. Beda dengan lainnya, dua model ini punya baterai yang terintegrasi sehingga makin ringan lagi dan mengurangi biaya produksi.

Zero S, SR, DS, dan DSR kini dilengkapi kompartemen penyimpanan tahan air di area ”tangki bahan bakar”. Diklaim, ruang ini cukup untuk menyimpan sarung tangan, kacamata, dan ponsel pintar sekaligus.

Fitur lain, ada aplikasi untuk menyetel karakteristik performa seperti torsi dan kecepatan maksimum, serta bisa melihat bagaimana status baterai dan konsumsi energi. Semua model Zero Motorcycles mulai tersedia pada November tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com