Daihatsu Makin Percaya dengan Komponen Dalam Negeri

Kompas.com - 13/11/2016, 10:05 WIB
Daihatsu Sigra Stanly/OtomaniaDaihatsu Sigra
|
EditorAzwar Ferdian

 Bogor, KompasOtomotif - Komposisi komponen lokal pada model mobil yang dijual di dalam negeri, jadi salah satu parameter keberhasilan industri otomotif Indonesia, dan keseriusan sang produsen, di mana Daihatsu salah satunya.

Dari banyak merek yang beredar di Indonesia, kemungkinan hanya Daihatsu Sigra yang memiliki konten lokal (Tingkat Kandungan Dalam Negeri/TKDN) mencapai 94 persen. Kabarnya, target di 2019 akan digenapi menjadi 100 persen.

"Untuk urusan TKDN memang seharusnya tidak serta-merta menunggu sampai 2019. Namun, selama struktur industrinya siap, dan saat itu juga ada rencana keluar model baru, maka langsung kami aplikasikan pada model tersebut konten lokalnya," ujar Pongky Prabowo, Manufacturing Director ADM saat dijumpai di Ciawi, Bogor, Jumat (11/11/2016).

Baca juga : Daihatsu "100 Persen Lokal" Indonesia pada 2019

Sementara terkait dengan struktur industri yang bisa mendukung pemenuhan konten lokal, kata Pongky, ini menjadi kunci utama dari TKDN. Karena sampai saat ini masih ada komponen yang harus impor dari Jepang. Setidaknya masih ada 6 persen dari 94 persen, untuk menjadi 100.

"Bicara lokal konten kunci utamanya ada di struktur industri, dan Daihatsu mempunyai komitmen akan menggunakan lokal konten semaksimal mungkin. Komponen yang masih diimpor mulai dari gear transmisi dan elektronik seperti ECU (electronic control unit)," ucap Pongky.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X