Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Mio M3 dan Soul GT Saingi BeAT dan Vario

Kompas.com - 03/11/2016, 12:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menanamkan dua fitur baru pada Mio M3 dan All New Soul GT. Dua fitur itu mulai dikenalkan kepada publik lewat ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Teknologi pertama yang disematkan untuk keduanya adalah Stop & Start System (SSS). Intinya, SSS berfungsi mematikan otomatis dan menyalakan mesin lebih cepat (quick start). Fitur ini berguna saat pengendara berhenti lama, misalnya di traffic light, saat handel gas ditutup selama 5 detik.

Skema itu bisa bekerja saat tombol SSS pada posisi ”ON”, lalu motor sudah pernah menyentuh 10 kpj, suhu mesin minimal 50 derajat celcius. Ada indikator SSS aktif pada spidometer. Quick Start akan bekerja ketika handel gas kembali dibuka.

Sementara fitur kedua adalah Advance Key System (AKS). AKS dengan Answer Back System memudahkan mencari motor di parkiran. Fungsi lain, Auto Open Key Shutter yang aktif saat ditekan selama dua detik untuk membuka lubang kunci otomatis dan lampu pada lubang kunci.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Tombol Stop and Start System pada Yamaha Mio M3 dan All New Soul GT.
Fungsi-fungsi AKS lainnya, membuat kunci bisa bekerja sebagai Multifunction Key untuk menghidupkan motor, membuka jok, mengunci setang, dan pengaman lubang kunci.

Atas tambahan fitur baru itu, Mio M3 AKS SSS dibanderol Rp 15,6 juta, atau lebih mahal Rp 900.000 dibandingkan versi standar. Tersedia dalam pilihan warna Adorable Brown dan Aggressive Matt Blue.

Sedangkan All New Soul GT AKS SSS belum dirilis harganya, tapi sudah bisa dipesan di diler-diler Yamaha. Ada dua warna pilihan, yakni Masculine Matt Blue dan Iron Silver.

Dua fitur ini jelas digunakan untuk menantang Honda yang lebih dulu memakainya. Pada BeAT (sekelas Mio M3) dan Vario 110-125 (sekelas All New Soul GT), sudah ada fitur yang disebut Idling Stop System (ISS), bekerja dengan cara yang sama dengan SSS Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com