Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2016, 11:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotifYamaha Indonesia memberanikan diri menjual Tricity 155, skutik beroda tiga yang belum populer di pasar sepeda motor nasional. Inilah pembaruan dari model sebelumnya yang sempat dipamerkan dalam ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) dua tahun lalu.

Motor ini cukup menarik perhatian dengan roda kembar di depan berteknologi Leaning Multi-Wheel (LMW). Pertama kali orang familiar dengan sistem ini karena Piaggio yang mulai mempopulerkan MP3, menggunakan kecanggihan yang sama.

Yamaha sendiri mengklaim bahwa LMW justru mengurangi beban ban depan saat motor dipacu. Ini biasanya dialami motor konvensional. Makanya, bagian depan makin ”nge-gripI” dan memberikan feeling berkendara yang lebih stabil, khususnya saat bermanuver dan mengerem.

Tricity pertama kali dirilis pada 2014 bermesin 125 cc. Dua tahun setelah itu, lahir Tricity 155 yang memiliki mesin yang sama dengan NMAX dan Aerox 155, berteknologi Blue Core dengan Variable Valve Actuaction (VVA).

Executive Vice President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti, dalam Indonesia Motorcycle Show (IMOS), Rabu (2/11/2016), di JCC, Senayan, Jakarta, mengatakan bahwa Tricity memberikan warna baru bagi dunia otomotif di Indonesia.

”Di Eropa konsumen sudah terbiasa dengan motor roda tiga, dan pada akhirnya konsumen Indonesia merasakan sendiri sensasi mengendarai Tricity. Teknologi Leaning Multi-Wheel bakal membuat berkendara makin menarik,” kata Dyon.

Tampilan Tricity 155 yang elegan dan modern menjadi daya tarik tersendiri, dihidupkan dari garis bodi yang selaras dan dinamis, lampu LED, speedometer LCD + MID dan indikator ECO, dilengkapi bagasi besar, pengunci rem, dan soket charger untuk mengisi baterai gadget.

Selain ada dua roda depan, motor ini juga dudukung parallelogram link atau mekanisme penyambung suspensi depan. Lalu ada pula suspensi teleskopik kantilever yang membentuk teknologi LMW Yamaha. Rangkaian itu diklaim menimbulkan perasaan berkendara lebih nyaman, stabil, dan lincah.

Model ini dilengkapi ban belakang berukuran lebar 130/70-13M/C (63P), desain rangka baru yang lebih rigid dan kuat, suspensi depan dual twin tube (redaman lebih lembut dan empuk), posisi berkendara nyaman dengan ruang kaki dan dimensi jok luas.

Tricity juga dilengkapi sistem pengereman ABS dengan fungsi UBS (Unified Brake System) membuat pengendara merasa lebih aman. Yamaha menyediakannya dalam tiga warna pilihan yaitu  Cyber Blue, Oxford Grey, dan Milky White.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.