"Motor Sudah Euro III, Gaikindo Baru Euro II"

Kompas.com - 02/11/2016, 13:42 WIB
Menteri Perindustrian Republik Indonesia IR Airlangga Hartarto Stanly/OtomaniaMenteri Perindustrian Republik Indonesia IR Airlangga Hartarto
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Kemajuan industri sepeda motor dari waktu ke waktu makin mendapat perhatian serius dari pemerintah. Hal ini terlebih mengenai teknologi ramah lingkungan terkait standar emisi gas buang.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto menjelaskan, sepeda motor masih menjadi kebutuhan utama masyarakat Indonesia sebagai moda transportasi.

"Motor ini sudah jadi sektor yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia. Bisa dilihat, di tengah transportasi yang saat ini masih kurang maksimal, motor jadi alternatif mobilitas masyarakat," ucap Menteri Perindustrian dalam seremoni Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, Rabu (2/11/2016).

Airlangga menganggap kalau teknologi sepeda motor saat ini sudah jauh lebih maju dibandingkan mobil. "Sepeda motor dalam hal ramah lingkungan saat ini sudah masuk Euro III, mengalahkan Gaikindo yang masih Euro II. Kita masih tunggu Pertamina minimal di 2019 sudah Euro IV," kata Airlangga.

Selain itu, pemerintah juga mengharapkan bahwa Indonesia lebih maju dalam perkembangan research and development (R&D). Ke depannya, Indonesia harus melampaui Thailand.

"R&D kita dorong. Dari segi volume, kita tertinggi di ASEAN, tetapi R&D kita setengah di belakang Thailand. Pemerintah juga mengharapkan kegiatan lain untuk mempertahankan industri kecil sebagai penunjang komponen dan aset bangsa," ucap Airlangga.
 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X