Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Motor Sudah Euro III, Gaikindo Baru Euro II"

Kompas.com - 02/11/2016, 13:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Kemajuan industri sepeda motor dari waktu ke waktu makin mendapat perhatian serius dari pemerintah. Hal ini terlebih mengenai teknologi ramah lingkungan terkait standar emisi gas buang.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto menjelaskan, sepeda motor masih menjadi kebutuhan utama masyarakat Indonesia sebagai moda transportasi.

"Motor ini sudah jadi sektor yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia. Bisa dilihat, di tengah transportasi yang saat ini masih kurang maksimal, motor jadi alternatif mobilitas masyarakat," ucap Menteri Perindustrian dalam seremoni Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, Rabu (2/11/2016).

Airlangga menganggap kalau teknologi sepeda motor saat ini sudah jauh lebih maju dibandingkan mobil. "Sepeda motor dalam hal ramah lingkungan saat ini sudah masuk Euro III, mengalahkan Gaikindo yang masih Euro II. Kita masih tunggu Pertamina minimal di 2019 sudah Euro IV," kata Airlangga.

Selain itu, pemerintah juga mengharapkan bahwa Indonesia lebih maju dalam perkembangan research and development (R&D). Ke depannya, Indonesia harus melampaui Thailand.

"R&D kita dorong. Dari segi volume, kita tertinggi di ASEAN, tetapi R&D kita setengah di belakang Thailand. Pemerintah juga mengharapkan kegiatan lain untuk mempertahankan industri kecil sebagai penunjang komponen dan aset bangsa," ucap Airlangga.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com