Kepercayaan Diri Gubernur Sumsel soal MotoGP

Kompas.com - 02/11/2016, 08:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

 

Sepang, KompasOtomotif — Membangun sirkuit bertaraf internasional dengan harapan mendatangkan gelaran balap sekelas MotoGP memang bukan perkara mudah. Tentu butuh upaya keras dan kepercayaan diri tinggi.

Ini yang sudah secara terbuka disampaikan oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin saat berbincang mengenai rencananya membangun Sirkuit Jakabaring, Palembang, saat berjumpa di Sepang, Minggu (30/10/2016).

Alex mengatakan, pihaknya sudah berpengalaman dalam membangun sarana olahraga bertaraf internasional, seperti semua yang ada di Kompleks Olahraga Jakabaring.

Sepanjang 2011-2016, sudah ada sekitar 24 single event bertaraf internasional yang diadakan di sana. Ini jadi yang menjadi dasar bahwa Jakabring adalah lokasi yang tepat sebagai tempat dilangsungkannya MotoGP dan event balap bergengsi lainnya.

"Kami ini bukan karbitan (mengacu pada kemampuannya untuk menggelar acara olahraga, termasuk MotoGP jika berhasil dilaksanakan) dan tidak juga tiba-tiba. Kami sudah punya pengalaman bertahap, mulai dari PON pada 2004, kemudian SEA Games, serta 24 event internasional, bahkan dunia, jadi tidak tiba-tiba," ujar Alex Noerdin, Minggu.

Alex menambahkan, Jakabaring sendiri memiliki beragam fasilitas pendukung. Dia juga akan menambah fasilitas-fasilitas untuk menambah kualitas dari Jakabaring sendiri.

Gubernur Sumatera Selatan itu juga menetapkan target bahwa MotoGP bakal bisa dilangsungkan di Jakabaring pada Oktober atau November 2018. Untuk mengejar target itu, konstruksi sirkuit harus sudah dilakukan pada akhir Februari 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.