Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volkswagen Incar Gelar Terlaris Sedunia dari Toyota

Kompas.com - 30/10/2016, 10:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Wolfsburg, KompasOtomotif – Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, baru tahun ini Volkswagen AG berpeluang mengalahkan penjualan mobil grup Toyota. Menurut laporan Automotive News Europe, Kamis (27/10/2016), selama sembilan bulan 2016 Volkswagen tercatat menjual 7,61 juta unit di seluruh dunia, sementara Toyota 7,53 juta unit.

Volkswagen berkembang 2,4 persen dibanding tahun lalu, sedangkan Toyota yang selalu terlaris selama empat tahun ke belakang cuma tumbuh 0,4 persen. Akselerasi Volkswagen terjadi pada paruh kuartal ketiga, kenyataan itu menakjubkan pasalnya merek asal Jerman ini sedang menderita karena kasus dieselgate di berbagai negara.

Volkswagen kalah dari Toyota di Amerika Serikat, tetapi unggul di China. Di negeri Tirai Bambu perbandingannya, setiap Toyota menjual satu unit, Volkswagen tiga unit. Mulai Januari – September, Volkswagen melaporkan penjualan 2,58 juta di China, naik 11 persen ketimbang 2015.

Hasil analisa menjelaskan, Toyota terhambat oleh gangguan pemasok komponen produksi. Pada Februari lalu, pabrik pemasok baja berhenti produksi selama sepekan karena ledakan. Lantas beberapa pekan kemudian pemasok lain terganggu bencana gempa.

Di lain sisi, penjualan merek Volkswagen memang tenggelam karena dieselgate namun secara grup terjadi kenaikan pada merek Audi, Porsche, dan Skoda. Tahun ini Grup Volkswagen menargetkan penjualan 9,93 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com