Kompas.com - 30/10/2016, 10:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Wolfsburg, KompasOtomotif – Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, baru tahun ini Volkswagen AG berpeluang mengalahkan penjualan mobil grup Toyota. Menurut laporan Automotive News Europe, Kamis (27/10/2016), selama sembilan bulan 2016 Volkswagen tercatat menjual 7,61 juta unit di seluruh dunia, sementara Toyota 7,53 juta unit.

Volkswagen berkembang 2,4 persen dibanding tahun lalu, sedangkan Toyota yang selalu terlaris selama empat tahun ke belakang cuma tumbuh 0,4 persen. Akselerasi Volkswagen terjadi pada paruh kuartal ketiga, kenyataan itu menakjubkan pasalnya merek asal Jerman ini sedang menderita karena kasus dieselgate di berbagai negara.

Volkswagen kalah dari Toyota di Amerika Serikat, tetapi unggul di China. Di negeri Tirai Bambu perbandingannya, setiap Toyota menjual satu unit, Volkswagen tiga unit. Mulai Januari – September, Volkswagen melaporkan penjualan 2,58 juta di China, naik 11 persen ketimbang 2015.

Hasil analisa menjelaskan, Toyota terhambat oleh gangguan pemasok komponen produksi. Pada Februari lalu, pabrik pemasok baja berhenti produksi selama sepekan karena ledakan. Lantas beberapa pekan kemudian pemasok lain terganggu bencana gempa.

Di lain sisi, penjualan merek Volkswagen memang tenggelam karena dieselgate namun secara grup terjadi kenaikan pada merek Audi, Porsche, dan Skoda. Tahun ini Grup Volkswagen menargetkan penjualan 9,93 juta unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.