Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nostalgia Jusuf Kalla dengan Toyota Kijang

Kompas.com - 30/10/2016, 08:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Kijang merupakan cikal bakal kesuksesan Toyota di Indonesia. Kendaraan multiguna andalan keluarga Indonesia ini sudah 45 tahun dipasarkan, dan namanya kini semakin mendunia.

Selain itu, Kijang juga berbagi sejarah melibatkan tokoh-tokoh besar, salah satunya Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.

Wapres yang ikut hadir dalam seremoni 45 Tahun Toyota di Indonesia ini menceritakan sedikit peran sertanya dalam perkembangan Toyota, khususnya Kijang.

"Saya gembira saat pertama Kijang diluncurkan dalam konferensi Toyota. Waktu itu dibuat sayembara untuk menentukan nama, saya termasuk dari enam orang yang memilih nama Kijang," kata Wapres yang akrab disapa JK dalam pidatonya, Sabtu (29/10/2016).

Menurut dia, Toyota selalu fokus pada filosofi kebutuhan konsume. Karena itu, Toyota bisa berkembang menjadi sebuah industri yang besar.

Bila sekarang Kijang sudah enam generasi, ia dan keluarganya sudah berkecimpung selama tiga generasi mengurus Toyota, mulai dari ayahnya, JK sendiri, sampai kakaknya.

"Toyota itu bukan hanya berdiri sendiri. Sampai soal sebuah nama pun digotong-royongkan sehingga punya makna yang besar," ujar JK.

Stanly/KompasOtomotif Wapres Jusuf Kalla di 45 Tahun Toyota

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com