Kompas.com - 30/10/2016, 08:22 WIB
Penggalan Video Toyota Kijang, Inspirasi dari Indonesia untuk Dunia. captured from YouTubePenggalan Video Toyota Kijang, Inspirasi dari Indonesia untuk Dunia.
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Kijang merupakan cikal bakal kesuksesan Toyota di Indonesia. Kendaraan multiguna andalan keluarga Indonesia ini sudah 45 tahun dipasarkan, dan namanya kini semakin mendunia.

Selain itu, Kijang juga berbagi sejarah melibatkan tokoh-tokoh besar, salah satunya Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.

Wapres yang ikut hadir dalam seremoni 45 Tahun Toyota di Indonesia ini menceritakan sedikit peran sertanya dalam perkembangan Toyota, khususnya Kijang.

"Saya gembira saat pertama Kijang diluncurkan dalam konferensi Toyota. Waktu itu dibuat sayembara untuk menentukan nama, saya termasuk dari enam orang yang memilih nama Kijang," kata Wapres yang akrab disapa JK dalam pidatonya, Sabtu (29/10/2016).

Menurut dia, Toyota selalu fokus pada filosofi kebutuhan konsume. Karena itu, Toyota bisa berkembang menjadi sebuah industri yang besar.

Bila sekarang Kijang sudah enam generasi, ia dan keluarganya sudah berkecimpung selama tiga generasi mengurus Toyota, mulai dari ayahnya, JK sendiri, sampai kakaknya.

"Toyota itu bukan hanya berdiri sendiri. Sampai soal sebuah nama pun digotong-royongkan sehingga punya makna yang besar," ujar JK.

Stanly/KompasOtomotif Wapres Jusuf Kalla di 45 Tahun Toyota

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.