Kompas.com - 25/10/2016, 13:34 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com
– Perawatan mobil tua sering dianggap merepotkan, terutama karena onderdil yang sudah langka di pasaran. Meski begitu, ada orang yang justru bilang, mobil tua bisa mendatangkan keuntungan.

Budi Herawan, misalnya. Direktur Teknik Asuransi Purna Artanugraha ini menjadikan hobi mengoleksi mobil klasik sebagai investasi.

Lelaki yang pernah menjadi staf ahli Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tersebut pernah membeli mobil klasik seharga Rp 60 juta. Belakangan mobil itu terjual Rp 300 juta, meski memang sebelumnya juga butuh biaya perbaikan sekitar Rp 100 juta.

“Keuntungan mobil klasik menggiurkan. Barang antik atau klasik itu ada nilainya," tutur Budi Herawan, seperti dikutip Kompas.com, Minggu (25/10/2015).

Hal senada disampaikan Ronny Arifudin, Ketua Umum Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Menurut dia, semua biaya, tenaga, dan waktu yang dihabiskan untuk merawat serta merestorasi mobil tua akan terbayar saat terjual kembali.

“Kalau nilainya nanti tinggi, maka semua yang dikeluarkan bisa balik modal dan tidak sia-sia,” ujar Ronny, seperti dimuat Kompas.com pada Jumat (22/4/2016).

Bagi pemilik mobil tua, memastikan aset itu terawat baik sehingga nilai jualnya bisa tetap tinggi adalah yang terpenting.

Perawatan

Merawat mobil tua sebenarnya tidak sulit-sulit amat. Pertama, pastikan lebih sering mengganti oli atau pelumas. Mesin mobil tua cenderung lebih ringkih karena komponennya telah berusia dan bekerja puluhan tahun.

Oli punya peran penting bagi mesin untuk menghindari gesekan langsung antar-komponen. Selain itu, pelumas berfungsi pula mendinginkan dan membersihkan bagian mesin melalui sikulasinya.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.