Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Ganti Ban Calya-Sigra Tanpa Buang Pelek Asli

Kompas.com - 20/10/2016, 10:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Buat pemilik si kembar baru, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, lalu kurang puas dengan proporsi ukuran ban standar, Anda diperbolehkan menggantinya dengan tetap mempertahankan pelek asli.

Seperti diketahui, pelek asli duet LCGC 7-seater ini sudah cukup atraktif. Menurut Irwan R, anggota komunitas Calya-Sigra Community (Calsic) chapter Tangerang, cukup dengan mengganti ukuran ban yang lebih besar.

Berdasarkan pengalaman pribadinya, Irwan mengirimkan e-mail dan berbagi dengan sesama anggota. Disebutkan, ukuran pelek dan ban asli adalah 175/65/14 menggunakan Bridgestone Ecopia. Saran penggantiannya, ukuran 185/70/14, atau naik sedikit. Merek ban bisa apa saja.

Bagaimana kesan setelah mengganti ban? Irwan mengatakan bahwa pastinya penampakan posisi ban dengan bodi tampak makin berisi (tidak cungkring).

Irwan Calsic Calya sebelum ganti pelek, tampak cungkring.
”Di jalan lurus dan lancar, misalnya di tol dengan kecepatan 80-90 kpj, laju mobil menjadi lebih mantap. Sementara untuk jalan reguler dan ada sedikit lubang atau bergelombang, mobil menjadi lebih tenang dan enak,” kata Irwan.

Efek lainnya, saat dipakai bermanuver dan menanjak, performanya terasa lebih baik. Pengereman pun demikian, daya cengkeram dipastikan makin baik. Jangan khawatir dengan kenyamanan, karena Irwan mengatakan bahwa tidak ada ada perbedaan signifikan.

”Tentu ini sifatnya subyektif, namun jika memang ada yang ingin upgrade kaki-kaki tanpa ganti pelek, mungkin pengalaman saya ini bisa menjadi pilihan,” ujar Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com