Kompas.com - 20/10/2016, 10:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotif – Buat pemilik si kembar baru, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, lalu kurang puas dengan proporsi ukuran ban standar, Anda diperbolehkan menggantinya dengan tetap mempertahankan pelek asli.

Seperti diketahui, pelek asli duet LCGC 7-seater ini sudah cukup atraktif. Menurut Irwan R, anggota komunitas Calya-Sigra Community (Calsic) chapter Tangerang, cukup dengan mengganti ukuran ban yang lebih besar.

Berdasarkan pengalaman pribadinya, Irwan mengirimkan e-mail dan berbagi dengan sesama anggota. Disebutkan, ukuran pelek dan ban asli adalah 175/65/14 menggunakan Bridgestone Ecopia. Saran penggantiannya, ukuran 185/70/14, atau naik sedikit. Merek ban bisa apa saja.

Bagaimana kesan setelah mengganti ban? Irwan mengatakan bahwa pastinya penampakan posisi ban dengan bodi tampak makin berisi (tidak cungkring).

Irwan Calsic Calya sebelum ganti pelek, tampak cungkring.
”Di jalan lurus dan lancar, misalnya di tol dengan kecepatan 80-90 kpj, laju mobil menjadi lebih mantap. Sementara untuk jalan reguler dan ada sedikit lubang atau bergelombang, mobil menjadi lebih tenang dan enak,” kata Irwan.

Efek lainnya, saat dipakai bermanuver dan menanjak, performanya terasa lebih baik. Pengereman pun demikian, daya cengkeram dipastikan makin baik. Jangan khawatir dengan kenyamanan, karena Irwan mengatakan bahwa tidak ada ada perbedaan signifikan.

”Tentu ini sifatnya subyektif, namun jika memang ada yang ingin upgrade kaki-kaki tanpa ganti pelek, mungkin pengalaman saya ini bisa menjadi pilihan,” ujar Irwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.