Marc Marquez Sangat Pantas Jadi Juara Dunia

Kompas.com - 16/10/2016, 13:57 WIB
Marc Marquez merayakan gelar juara dunia yang diraih pada GP Jepang tahun ini. crash.netMarc Marquez merayakan gelar juara dunia yang diraih pada GP Jepang tahun ini.
|
EditorAgung Kurniawan

Motegi, KompasOtomotif – Gelar juara dunia MotoGP yang baru saja direnggut Marc Marquez dari Jorge Lorenzo tahun ini memang istimewa. Si Baby Alien—julukan Marquez—sangat pantas mendapatkan gelar tersebut karena performanya pada musim 2016 ini yang sangat luar biasa.

Berangkat dari banyaknya masalah pada sepeda motor, ban, dan sebagainya, terutama pada pertengahan musim, pebalap termuda yang meraih gelara juara dunia sepanjang sejarah itu menjadi salah satu pebalap yang konsisten. Dia mampu membukukan poin di tiap balapan dan tak pernah DNF.

Hasil terburuk Marquez hanya pada saat GP Perancis di Le Mans, di mana pada saat itu dia hanya finish pada posisi ke-13 setelah sempat terjatuh, atau masih bisa meraih 3 poin untuk tambahan.

Selain konsisten mencetak poin, Marquez juga sudah merebut lima kali kemenangan, yakni di Argentina, Amerika Serikat, Jerman, Aragon, dan Jepang. Padahal, musim tahun ini masih menyisakan tiga seri lagi yang bisa direbut, yakni di Australia, Malaysia, dan Valencia.

Baca: Klasemen MotoGP Usai Marquez Juara Dunia

”Perasaan yang luar biasa. Di awal (balapan GP Jepang) sepertinya akan sulit (mengejar juara dunia). Tapi saya tetap memberikan 100 persen (kemampuan). Saya tahan emosi dan mengendurkan gas setelah tahu Lorenzo jatuh untuk mengamankan posisi,” ujar Marquez sesaat setelah gelar juara dunia kelima kali itu direbutnya.

Tentu saja, status gelar yang memang sudah layak disandangnya itu juga berkat dari kegigihan Marquez di setiap balapan. Mengutip komentator MotoGP Matteo Guerninoni, tahun ini motor Honda bukan motor juara, karena beda tipis dengan kompetitor, bahkan di awal musim cenderung mencari setelan pas.

Namun, berkat kemampuan luar biasa Marquez, feeling, dan semangat mudanya, motor Honda yang tidak superior justru dibawanya menjadi motor juara. Satu lagi, faktor keberuntungan juga terus memayungi pemuda Spanyol itu hingga bisa mempecundangi para lawan yang lebih senior.

GP

Posisi

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X