Mengenal Jenis Bodi dan Sasis pada Mobil

Kompas.com - 13/10/2016, 09:02 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Menarik nampaknya jika sedikit membahas mengenai konstruksi kendaraan roda empat. Semakin banyaknya pemilik mobil pertama di Indonesia, berbanding lurus dengan minimnya pengetahuan pada teknik otomotif, salah satunya jenis bodi dan sasis yang ada pada mobil yang dipasarkan.

Secara garis besar, setidaknya ada dua kelompok besar jenis bodi dan sasis mobil di Indonesia. Keduanya memiliki definisi sederhana tapi fungsinya cukup vital.

Didi Ahadi, Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) coba berbagi, mengenai dua bagian mobil ini. Didi mengatakan, kalau rangka atau yang biasa disebut sasis, adalah penopang komponen kendaraan, seperti mesin, transmisi, suspensi, roda, steer, rem, dan lainnya.

“Sasis in seperti layaknya tulang, yang menopang tubuh. Bagian ini biasanya terbuat dari besi, baja atau bahan lain seperti aluminium, yang memiliki kekuatan untuk menopang sebuah kendaraan,” ujar Didi kepada KompasOtomotif, Rabu (12/10/2016).

Sementara bodi, kata Didi, bagian dari kendaraan yang berbentuk sedemikian rupa (sesuai model), yang umumnya terbuat dari bahan pelat logam tempat penumpang atau barang. “Untuk bodi, biasanya terbuat dari plat logam dengan ketebalan 0,6 mm - 0,9 mm,” tutur Didi.

Pada awal perkembangan teknologi, rangka dan bodi dibuat terpisah atau composite body. Namun akhir-akhir ini, keduanya disatukan yang biasa disebut monocoque body  atau integral body.

Sebagai tambahan, dari buku berjudul “Pengenalan Bodi Otomotif” karangan Buntarto, khusus untuk rangka, kondisinya harus kuat, ringan, kukuh, dan tahan terhadap getaran atau goncangan yang diterima dari berbagai kondisi jalan. Akan merugikan. jika ada rangka mobil yang tidak memenuhi standar itu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X