Kompas.com - 04/10/2016, 08:31 WIB
Petugas mengisi BBM bersubsidi jenis Premium KOMPAS/PRIYOMBODOPetugas mengisi BBM bersubsidi jenis Premium
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Banyak perilaku para pemilik mobil yang unik dan cenderung menggelikan. Biasanya tindakan ini dilakukan turun-temurun dari orang tua atau yang dituakan dalam struktur keluarga.

Misalnya, perilaku menggoyang-goyang mobil saat mengisi bahan bakar minyak (BBM). Ini sepertinya dimaksudkan agar bensin bisa terisi lebih banyak atau benar-benar penuh, tanpa tertahan udara.

Namun, apa memang itu perilaku yang memang dianjurkan atau sekedar upaya sia-sia? Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service PT Toyota Atra Motor, coba memberikan jawaban atas perilaku yang kerap ditemukan tersebut.

“Sebenernya sih belum ada yang membuktikan kalau dengan menggoyang goyang mobil, isi bensin jadi lebih banyak. Karena itu tujuan mengapa orang menggoyang mobilnya,” ujar Dadi saat berbincang dengan KompasOtomotif, Senin (3/10/2016).

Dadi melanjutkan, mobil saat ini sudah dilengkapi sistem ventilasi pada lubang pengisian BBM-nya. Di mana ini memungkinkan udara yang ada di dalam tangki akan keluar dengan sendirinya seiring dengan dimasukkannya BBM tersebut.

“Tidak akan akan ada bedanya mobil yang saat diisi BBM dengan digoyang-goyang atau tidak. Kemudian, melakukan kegiatan tersebut, juga tidak ada efek negatifnya,” tutur Dadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jawaban yang dipaparkan Dadi, bisa jadi dasar, kalau ternyata menggoyang-goyang mobil merupakan kegiatan yang sia-sia, karena tidak membuahkan hasil menguntungkan atau positif, dan merugikan pun tidak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X