Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW G310R Versi “Adventure” Terkuak

Kompas.com - 03/10/2016, 17:49 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

 

New Delhi, KompasOtomotif – Model terbaru sepeda motor BMW Motorrad terungkap sebelum peluncuran resmi yang akan dilakukan di EICMA Milan, Italia 10 November mendatang. Model ini dikabarkan memiliki platform yang sama dengan G310R, namun dengan versi petualang.

Produk terbaru ini bakal memiliki nama yang tidak jauh berbeda dengan saudaranya, BMW F310 GS. Dari penamaannya, kemungkinana besar model baru ini juga akan mengadopsi mesin yang sama dengan BMW G310R.

Menggunakan satu mesin untuk berbagai maca model berbeda, sudah menjadi jurus yang populer di kalangan produsen, bukan hanya Jepang tapi juga Eropa. Ini akan mengehemat biaya riset dan produksi.

Terlihat dalam gambar, BMW F310 GS (nama masih belum pasti) meminjam desain dari saudara tuanya, BMW R 1200 GS. Namun pada bagian lamu depan, identik dengan BMW G310R, yang bakal dipasarkan, dalam beberapa minggu mendatang, di India, mengutip MotorBeam, Senin (3/10/2016).

Sepeda motor petualang berkubikasi kecil milik BMW Motorrad ni, memiliki rancangan desain half-fairing yang baru, dengan goresan dua huruf  “GS”terukir pada tangki bahan bakar. Garpu suspensi khusus untuk perjalanan panjang, disemburkan tinta emas, ban off-road dan engine cowl baru.

BMW F310 GS nampakanya akan menggendong mesin 313 cc satu silinder milik G310R, liquid-cooled, dan dipasangkan transmisi enam kecepatan. Mesin injeksi ini sangup menghasilkan tenaga 34 tk dan torsi 28 Nm pada model G310R, dan akan disetel kembali untuk kebutuhan touring. Kemungkinan besar model ini juga akan diproduksi bersama di fasilitas TVS di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com