Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kenalkan Yaris Buat Reli Dunia

Kompas.com - 02/10/2016, 21:06 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Paris, KompasOtomotif – Toyota memutuskan kembali ke ajang reli dunia World Rally Championship (WRC) dengan Yaris setelah 17 tahun absen. Hatchback yang sudah dimodifikasi sesuai spesifikasi baru WRC itu dipamerkan di Paris Motor Show 2016.

Keikutsertaan kali ini didukung divisi motorsport Toyota Gazoo Racing WRC dan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft. Mantan juara dunia lima kali WRC, Tommi Makinen, ditunjuk sebagai kepala tim.

“Sudah 17 tahun sejak kompetisi terakhir kami di WRC, jadi Anda bisa bilang kami sudah cukup beristirahat. Tetapi sekarang kami kembali,” ucap Presiden dan CEO Toyota Akio Toyoda, saat pengenalan di Paris, seperti dirilis Autocar, Kamis (29/9/2016).

Pengalaman di ajang reli bakal digunakan Toyota sebagai salah satu riset guna mengembangkan mobil. Kolaborasi dengan Microsoft untuk memperluas platform data analisa berbasis komputasi awan (cloud).

WRC 2017 bakal dimulai dari Monte Carlo pada Januari. Regulasi baru membuat mobil yang berkompetisi memiliki tenaga lebih besar dan setelan aerodinamis lebih leluasa. Penyelenggara berharap lebih banyak aksi bakal ditampilkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com