Konsumsi BBM Mitsubishi Delica Tembus 10,4 Kpl

Kompas.com - 20/09/2016, 18:02 WIB
Mitsubishi Delica Otomania/Setyo AdiMitsubishi Delica
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Buat pendamba MPV yang mampu digunakan dalam segala kebutuhan, Mitsubishi Delica bisa menjadi salah satu pilihan. Terlepas dari dimensinya yang cukup besar, mobil ini diklaim punya daya jelajah khas SUV dengan ground clearance yang tinggi.

KompasOtomotif sudah membuktikan kenyamanannya beberapa waktu lalu, lalu kesempatan itu datang lagi. Namun kali ini, area yang diuji adalah konsumsi bahan bakar, terutama berkaitan dengan penggunaan di dalam kota yang padat.

Selama beberapa hari kami mengencani mobil dengan bobot lebih dari 1,6 ton itu. Mitsubishi tahu, bobot mobil harus diimbangi dengan mesin tokcer untuk menggerakkannya. Dipasanglah jantung pacu berteknologi MIVEC SOHC, 2.000 cc 4-silinder.

Mesin ini mampu membawa MPV berbobot lumayan berat itu melaju cukup baik. Memang, kinerja tranmisi CVT Invec III yang tanpa roda gigi itu membuat Delica kurang bertenaga. Tapi pengemudi dapat mengunakan paddle shift untuk menjaga putaran mesin atau memanfaatkan mode Sport agar posisi putaran mesin berada di kisaran 2.500 rpm.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Konsumsi bahan bakar Mitsubishi Delica.
Dari sini, KompasOtomotif agak sedikit khawatir dengan konsumsi bahan bakar yang boros, namun hal itu ternyata tidak terbukti. Setelah melaju lebih dari 200 km, konsumsi bahan bakar yang terteda pada MID masih berada di angka 10,4 kpl.

Perlu diingat, angka ini didapat setelah melaju pada rute kombinasi. Bahkan sebagian besar digunakan bermacet-macetan di dalam kota.

Salah satu fitur yang membantu Delica untuk lebih irit adalah Auto Stop & Go. Saat berhenti, mesin akan secara otomatis mati dan kembali bekerja ketika pedal rem diangkat atau suhu kabin mulai terasa panas. Jika kurang nyaman, pengemudi bsia mematikan fitur ini via tombol di bawah setir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cukup mudah sebenarnya meraih angka ini, apalagi, pada dasbor tersedia indikator ”ECO” untuk memastikan pengendaraan yang efisien.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.