Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Ayla Versi Malaysia Terpergok di India

Kompas.com - 17/09/2016, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Mumbai, KompasOtomotif – Mobil murah Daihatsu Ayla versi Malaysia, Perodua Axia, terpegok sedang diuji di jalan umum Mumbai, India. Masih menggunakan pelat nomot Malaysia, mobil yang di Indonesia berstatus LCGC itu menarik banyak perhatian.

Kemungkinan Perodua Axia yang ada tersebut, diimpor untuk keperluan uji pasar atau kemampuan komponennya untuk medan jalan India. Kemungkinan besar, produk ini akan dihadirkan untuk pasar India, seperti dilansir Indianautosblog, Jumat (16/9/2016).

Memang, dari kabar yang beredar, Daihatsu akan masuk ke India diboyong oleh Toyota, namun setidaknya masih 2-3 tahun ini. Jadi penampakan Axia yang berbagi platform dengan Daihatsu Ayla, bisa dibilang terlalu cepat.

Indianautosblog.com Perodua Axia, kembaran Daihatsu Ayla terpergok di India.

Bisa jadi, alasan lain yang digunakan, yaitu para insinyur sedang menyetel atau mempelajari platform dan komponen, agar lebih sesuai dengan kondisi berkendara India. Ini akan jadi babak baru penetrasi Toyota di negara yang dikuasai oleh Suzuki, dengan memanfaatkan kemampuan Daihatsu pada mobil kecil.

Axia atau Daihatsu Ayla akan menjadi rival Suzuki (Maruti) Celerio, WagonR, dan Tata Tiago. Meski punya tampang Malaysia, Perodua Axio kembaran Daihatsu Ayla, komponen-komponen dalamnya masih didatangkan dari Indonesia.

Baca juga : Mobil Murah Malaysia Pakai "Jeroan" dari Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com