Penantang Serius Honda Civic Turbo dari Nissan

Kompas.com - 14/09/2016, 07:21 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Miami, KompasOtomotif – ”Virus” mesin berkapasitas kecil plus turbo sedang menjangkiti banyak produsen. Nissan salah satunya, mulai ”demam” dan siap meluncurkan  Sentra SR Turbo di Miami, Amerika Serikat, di salah satu pameran otomotif.

Sentra SR Turbo akan menjadi varian baru Sentra di sana. Jika dilihat dari spesifikasi mesin dan dimensinya, mobil ini bisa dikatakan sebagai pesaing serius Honda Civic Turbo yang sudah melakukan debut dan sukses di beberapa negara.

Sebelumnya, sedan medium Nissan ini dibekali mesin naturally-aspirated 1.800 cc berkode MRA8DE. Tenaga yang bisa dihasilkan dari jantung pacu ini mencapai 130 tk dan torsi 174 Nm. Mesin berkolaborasi dengan girboks Xtronic CVT.

paultan.org NIssan Sentra SR Turbo untuk orang yang suka paket tradisional dengan tenaga ekstra.
Kini, Nissan menggunakan mesin 1.600 cc turbo yang sanggup memuntahkan tenaga 188 tk dan torsi 240 Nm. Kenaikan tenaga yang sangat dahsyat mengingat kapasitas silindernya cuma turun 200 cc.

Di atas kertas, angka itu sudah cukup untuk menenggelamkan Civic Turbo dengan mesin 1.500 cc VTEC Turbo DOHC bertenaga 170 tk dan torsi 220 Nm.

Nissan akan menggunakan Sentra SR Turbo sebagai suntikan darah baru, mengingat Sentra sudah menjadi mobil terlaris ketiga di Amerika Serikat.

paultan.org Interior Nisan Sentra SR Turbo. Cukup Sporty.
”Sentra SR Turbo didesain untuk orang yang menginginkan atribut tradisional dari sedan compact, namun menginginkan performa serius dari mesin turbo. Ini menajdi paket lengkap untuk para penggemar,” kata Michael Bunce, VP Product Planning Nissan North America, dikutip Paultan (13/9/2016).

Peranti standar termasuk kaca pada atap (sunroof). Teknologi canggih yang dibenamkan termasuk fitur Blind Spot Warning dan Rear Cross Traffic Alert. Jok kulit dan paket audio dari Bose juga siap memanjakan telinga penumpang.

Mobil ini juga sudah mengemban lampu utama LED, side skirt, spoiler belakang dan lampu stop yang juga sudah pakai teknologi LED. Pelek 17 inci yang sporty, dipadukan dengan kaca spion dengan lampu dan pemanas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.