Selangkah Lagi, LCE Jadi Peraturan Resmi

Kompas.com - 31/08/2016, 15:30 WIB
Produksi Toyota di pabrik Karawang, Jawa Barat. Agung KurniawanProduksi Toyota di pabrik Karawang, Jawa Barat.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Lama dinanti, program Low Carbon Emission (LCE) belum juga jadi regulasi resmi. Perkembangannya saat ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sedang melakukan kajian teknis.

Menurut Yan Sibarang Tandiele, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin, tahap ini satu langkah sebelum pembuatan peraturan pelaksanaan LCE. Kajiannya tentang kesiapan industri menghasilkan kendaraan berteknologi atau berbahan bakar alternatif.

Dokumen kajian teknis akan dipakai untuk mendukung implementasi peraturan. “Kalau membuat peraturan itu harus ada kajian teknis nah itu kita sedang kami buat. Kalau itu selesai, baru peraturan pelaksanaan,” jelas Yan via telepon, Rabu (31/8/2016).

Kemenperin sudah mengajak berbagai pelaku industri membuat kajian teknis. Dua pihak yang dikonfirmasi terlibat adalah Toyota dan Daihatsu.

Yan mengingatkan LCE merupakan peraturan terkait pemanfaatan teknologi berbasis ramah lingkungan di luar Low Cost Green Car (LCGC). Terapannya buat teknologi bahan bakar alternatif seperti biofuel, gas, hibrida, hidrogen, dan listrik.

Tujuan besarnya menciptakan lingkungan lebih bersih karena emisi kendaraan bisa ditekan. Sementara itu keuntungan buat peserta LCE yakni mendapat pembebasan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X