Kompas.com - 30/08/2016, 18:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Bukan hanya sekedar meluncurkan produk baru, produsen kendaraan roda dua, ternyata juga harus mengucurkan dana investasi untuk purnajualnya. Mulai dari pelatihan mekanik atau teknisi sampai ketersediaan special tool (alat service khusus).

Wedijanto Widarso, General Manager Technical Sevice Division Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, khususnya untuk special tool, pada umumnya investasi hanya untuk produk yang memiliki mesin dan platform baru.

“Seperti misalnya CB150 dan GTR 150 yang memiliki mesin dan frame yang sama, kami tidak harus menyediakan alat khusus yang baru. Jadi tidak setiap produk baru memiliki special tool baru,” ujar Wedijanto, Kamis (25/8/2016).

Masih Impor

Wedijanto melanjutkan, sebelum produk baru muncul, persiapan alat servis khusus ini dilakukan satu tahun sebelumnya. Namun, dari semua special tools yang ada, ternyata 90 persennya masih diimpor dari Jepang.

 “Untuk special tools masih banyak yang mpor dari Jepang, atau sekitar 90 persen. Kalau memang ada yang bisa kami bisa buat lokal, yang kami buat,” ujar Wedijanto.

Wedijanto menambahkan, impor yang dilakukan karena Indonesia tidak memiliki bahan material yang mumpuni, yang dibutuhkan dalam pembuatan alat khusus untuk servis tersebut.

“Di situ kendala kami, oleh karena itu masih impor alat-alat khususnya. Kalau masalah membuat saja, kita bisa mengerjakan sendiri, tapi materialnya bagaimana,” tutur Wedijanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.