Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tahukah Anda

Helm Pebalap, Awalnya Cuma Buat Anti-Serangga

Kompas.com - 29/08/2016, 19:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Balapan adalah aktivitas berbahaya, oleh sebab itu faktor keselamatan sangat dipertimbangkan. Seiring sejarah balapan, helm juga berkembang semakin canggih meski awal tujuan pemakaiannya bukan fokus melindungi kepala dari benturan.

Video dari Donut Media menampilan jalan cerita perkembangan helm. Dimulai dari 1908 , kepala pebalap cuma dilindungi kain yang fungsinya hanya melindungi dari debu dan serangga. Masuk ke 1949, pebalap baru memakai helm half-face berbahan keras,

Menurut video, helm full face berbahan keras digunakan massal pada 1970. Mulai dari sini pembuatan helm balap mengikuti regulasi, memiliki kaca depan, pelindung cahaya matahari, logo sponsor, hingga disematkan sistem komunikasi pada 1989.

Youtube (capture) Helm pebalap pada 2016.
Pada era 1990-an, helm didesain aerodinamis dengan bahan baku ringan. Masuk ke 2000-an, helm ditambahkan pelindung dan penopang leher serta kepala. Pada 2010, helm pebalap dilengkapi sistem aliran udara, hingga helm modern sekarang hanya seberat 1,25 kg berbahan karbon Kevlar, punya selang minuman.

Lihat video lengkapnya di bawah ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com