Yamaha Xabre dari Pulogadung Melaut ke Negeri Tetangga - Kompas.com

Yamaha Xabre dari Pulogadung Melaut ke Negeri Tetangga

Kompas.com - 28/08/2016, 14:45 WIB
KompasOtomotif-Donny Apriliananda Yamaha Xabre, model sport dengan desain radikal.

Jakarta, KompasOtomotif – Peluru ekspor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bertambah. Setelah R25, MT25, dan NMAX diekspor secara global, lalu MX King menyedot pemasaran di kawasan Asia, kini giliran Xabre yang merambah pasar luar negeri.

Sejak Juli 2016, YIMM mulai mengekspor perdana Yamaha Xabre ke Filipina dan Vietnam. Jumlah ekspor sepeda motor sport naked itu memang tak banyak, cuma 100 unit, namun secara model, Yamaha menjadi satu-satunya merek di Indonesia yang banyak mengirimkan berbagai model ke luar negeri.

Di pasar domestik, sejak pertama kali diperkenalkan langsung oleh legenda MotoGP, Valentino Rossi, Januari 2016 silam di Bali, motor sport 150 cc ini sudah terjual 16.973 unit. Penjualannya juga terus menunjukkan tren positif hingga Juli 2016.

Xabre diekspor ke Vietnam dan Filipina dengan nama TFX150. Menurut Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM, ini menunjukkan bahwa sepeda motor produksi Indonesia punya kualitas yang baik dan diakui negara lain.

”Alasan Filipina dan Vietnam impor Xabre dari Indonesia karena kapasitas produksi, kualitas, dan ongkos produksi YIMM bisa bersaing. Dalam sejarahnya kami juga sudah mengekspor model lain ke kedua negara tersebut dengan lancarm” ucap Masykur, dalam siaran resmi (26/8/2016).


EditorAzwar Ferdian

Close Ads X