Kompas.com - 10/08/2016, 16:55 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Di tengah melemahnya pasar sepeda motor, PT Astra Honda Motor (AHM) mencatatkan pertumbuhan penjualan signifikan di segmen sport hingga 130,8 persen pada Juli 2016, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Angka Itu diraih setelah Honda membukukan penjualan 22.793 unit bulan lalu. Lonjakan ini semakin mengukuhkan kepemimpinan mereka di segmen motor sport Tanah Air.

Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada bulan Juli 2016 penjualan sepeda motor nasional 305.153 unit  atau turun 27,7 persen dibandingkan Juli 2015 sebesar 421.838 unit.

Melemahnya pasar motor nasional ini terjadi di semua segmen termasuk segmen motor sport yang turun 1,3 persen dari 48.059 unit pada Juli 2015 menjadi 47.427 unit pada Juli 2016.

Dalam kondisi pelemahan itu, AHM menggenjot penjualannya di segmen motor sport secara signifikan. 

Penerimaan masyarakat yang tinggi terhadap All New CB150R StreetFire menjadikan model ini sebagai produk terlaris motor sport Honda pada Juli 2016 dengan penjualan sebesar 12.879 unit.

Performa ini diikuti model-model sport Honda lainnya yaitu CBR series yang terjual 5.555 unit, Verza 4.058 unit, MegaPro 300 unit.

Melalui penjualan jajaran motor sport Honda ini, AHM semakin mengukuhkan penguasaan pangsa pasar di segmen motor sport sebesar 48,1 persen.

GM Divisi Penjualan AHM Thomas Wijaya mengatakan dalam siaran resmi (10/8/2016), bahwa lonjakan penjualan serta kepemimpinan AHM di segmen motor sport yang telah dicetak sejak lima bulan terakhir tahun ini mencerminkan semakin besarnya kepercayaan pada produk sport Honda.

”Melemahnya daya beli masyarakat serta hari kerja yang lebih sedikit menjadi salah satu faktor penurunan penjualan pada bulan lalu. Kendati demikian, segmen sport Honda mampu mempertahankan pertumbuhan hingga melonjak lebih dari 2 kali lipat dibandingkan bulan yang sama tahun lalu,” kata Thomas.

Honda semakin menegaskan posisinya di segmen ini dengan meluncurkan berbagai model penggoda. Tak hanya CB150R Streetfire yang jadi primadona, karena AHM punya banyak amunisi baru termasuk CBR150R dan CBR250RR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.