Honda Masih Jadi “Rajanya” Skutik

Kompas.com - 10/08/2016, 07:22 WIB
Honda memiliki pangsa pasar paling besar. Ghulam/KompasOtomotifHonda memiliki pangsa pasar paling besar.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Penjualan sepeda motor pada Juli 2016 secara keseluruhan mengalami penurunan, termasuk segmen skuter matik (skutik). Dibanding hasil Juni, segmen sepeda motor terlaris di Indonesia ini jumlahnya merosot 41,87 persen, dari 389.166 unit menjadi 217.652 unit.

Meski begitu market share skutik masih sangat jauh meninggalkan segmen lain, dengan penguasaan sebesar 69,31 persen. Faktor praktis digunakan dalam berkendara sehari-hari bisa jadi satu faktor kendaraan jenis ini sangat diminati.

Dari data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), jika dilihat berdasarkan merek periode Januari-Juli, Honda masih jadi sang “Raja”. Penjualannya terbilang dominan selama bulan ketujuh tahun ini, dengan menjual 151.585 unit dan menguasai pangsa pasar 69,65persen.

Ghulam/KompasOtomotif Penjualan kendaraan roda dua skuter matik Juli 2016.

Sementara pada posisi kedua ada Yamaha dengan penjualan 64.921unit atau 29,83 persen. Jarak persentase market share, antara Honda dan Yamaha relatif jauh atau mencapai 39,82 persen.

Kemudian Suzuki yang hanya punya empat model skutik, hanya berjualan 1.124 unit periode Januari-Juli 2015. Lalu merek TVS, hanya sanggup menjual 22 unit, unit dengan pangsa pasar 0,01 persen.

“Kami mengapresiasi kepercayaan masyarakat yang tinggi akan produk skutik Honda. Ke depannya kami akan terus mengembangkan produk kami, mulai dari sisi desain, teknologi, dan fitur. Agar bisa populer di semua kalangan,” ujar GM Divisi Penjualan AHM Thomas Wijaya kepada KompasOtomotif, Selasa (9/8/2016).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.