"Recall" Toyota 86 di Australia, Bagaimana Indonesia?

Kompas.com - 04/08/2016, 18:23 WIB
Sedan Toyota FT 86 yang dipajang pada perhelatan Gaikndo Indonesia International Auto Show. Ghulam/OtomaniaSedan Toyota FT 86 yang dipajang pada perhelatan Gaikndo Indonesia International Auto Show.
|
EditorAgung Kurniawan

Melbourne, KompasOtomotif - Toyota mengumumkan recall untuk 14.906 unit mobil sport, 86, yang dijual di Australia. Produk yang terkena penarikan, diproduksi antara 9 April 2012 sampai 18 Maret 2015.

Mengutip salah satu media Australia Motoring.com, Kamis (4/8/2016) penarikan kembali ini terkait dengan wiring harness (komponen penyalur arus listrik) untuk sistem electric power steering. Komponen ini berpotensi mengalami gangguan,  dan bisa menyebabkan kerusakan power steering, meskipun kemudi tetap bisa digunakan tanpa bantuan listrik.

Saat hal tersebut terjadi, lampu peringatan akan ditampilkan di dasbor, disertai dengan tanda bunyi. Toyota akan melakukan penarikan dengan memberikan ECU (electronic control unit) steering dan penggantian wiring harness. Komponen akan tersedia bulan depan, dan pemilik akan dihubungi pihak diler melalui surat, kapan waktu yang tepat kapan mobil dipersilahkan datang ke diler.

Bagaimana dengan Indonesia?

Saat dikonfirmasi KompasOtomotif, Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor mengatakan, pihaknya sudah mendapat informasi dari Toyota Motor Corporation (TMC). Jika sudah ada perkembangan dari komunikasi tersebut, TAM akan kembali menginformasikan.

“Prinsipal TMC telah memberikan informasi terkait hal ini. Sekarang kami sedang berkoordinasi dengan prinsipal untuk mendapatkan konfirmasi status 86 yang dipasarkan di Indonesia. Kami beri kabar lebih lanjut,” ujar Dadi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X