Catatan Trip Komputer BMW X1 di Perjalanan Susur Pulau Jawa - Kompas.com

Catatan Trip Komputer BMW X1 di Perjalanan Susur Pulau Jawa

Kompas.com - 31/07/2016, 16:20 WIB
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO BMW X1 di ruas jalan tol Mojokerto Barat - Mojokerto Utara, Jawa Timur, Selasa (28/06/2016). Ruas jalan tol ini akan digunakan sementara untuk jalur mudik Lebaran 2016.

Jakarta, Kompas Otomotif – Perjalanan menyusuri ruas jalur mudik tim Merapah Trans Jawa telah berakhir pada Senin (4/7/2016). Perjalanan tersebut melahirkan catatan angka menarik dari All New BMW X1 sebagai mobil pilihan perjalanan.

Sport Active Vehicle (SAV) terbaru BMW ini memiliki perangkat komputer canggih yang mencatat semua informasi perjalanan dengan terperinci. Data yang dihasilkan adalah jam dimulainya perjalanan, durasi perjalanan, jarak tempuh, rata-rata konsumsi bahan bakar dan kecepatan rata-rata selama perjalanan.

Sebelum memulai perjalanan tim mereset trip komputer BMW X1 yang diakses melalui BMW iDrive Controller di konsol tengah. Menu trip computer berada pada pilihan vehicle information.  Selain pencatat jarak juga terdapat petunjuk pemilik kendaraan, informasi tekanan ban, hingga pengingat waktu servis kendaraan.

Berdasarkan catatan komputer BMW X1, perjalanan menempuh total jarak rata-rata 2.500 km dimulai dari kantor Kompas.com di kawasan Palmerah hingga berakhir di titik yang sama.

Otomania/Setyo Adi Catatan trip komputer BMW X1 selama Ekspedisi Merapah Trans JAwa. Kiri catatan BMW X1 xLine, kanan catatan BMW X1 sDrive
Dua unit BMW X1 yang digunakan yakni All New BMW X1 sDrive 18i (tipe standar) dan sDrive 18i xLine (tipe tertinggi) masing-masing mencatatkan jarak 2.607 km dan 2.412 km.

Waktu tempuh selama perjalanan melintasi jalan antar kota di Pulau Jawa juga tercatat.  Waktu tempuh 80 jam 46 menit untuk X1 xLine dan 90 jam 52 menit untuk X1 sDrive.

Perbedaan jarak dan waktu tempuh kedua mobil ini terjadi saat berada di Mojokerto dan Cirebon. Tim memisahkan diri untuk meliput di dua tempat berbeda sehingga terdapat perbedaan jarak tempuh dan waktu perjalanan.

Dari perhitungan komputer BMW X1, kedua mobil menghasilkan perhitungan konsumsi bahan bakar rata-rata serta kecepatan rata-rata yang berbeda. Pada BMW X1 xLine diperoleh angka 10,4 km/l dan kecepatan rata-rata 31,3 kpj. Sedangkan BMW X1 sDrive mencatat angka konsumsi bahan bakar 9,9 km/l dan kecepatan rata-rata 30 kpj.

Selain menggunakan perhitungan komputer BMW X1, KompasOtomotif juga melakukan perhitungan konsumsi bahan bakar menggunakan metode full to full. Penasaran bagaimana hasilnya? Simak penjabarannya di artikel berikutnya.

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAzwar Ferdian

Close Ads X