Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Otonomos Terlarang di China

Kompas.com - 21/07/2016, 11:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Beijing, KompasOtomotif – Negara dengan penjualan mobil terbesar sedunia, China, khawatir dengan efek teknologi otonomos pada keselamatan jalan raya. Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China sedang merancang peraturan pemerintah terkait uji mobil otonomos di jalan.

Automotive News Europe, Selasa (19/7/2016), memberitakan, Itu artinya semua produsen otonomos dilarang menguji kendaraan di jalan sebelum peraturannya dirilis.

Dalam sebuah pertemuan di Beijing, She Weizhen, kepala departemen otomotif kementerian tersebut mengatakan draft peraturan sudah dibuat kendati begitu dia tidak mengatakan kapan akan ditetapkan.

Pernyataan dari kementerian juga secara tidak langsung mendorong para produsen untuk membuat teknologi otonomos yang aman.

Salah satu pabrikan lokal, Chongqing Changan Automobile, sudah menyelesaikan 1.900 km pengetesan mobil yang bisa mengemudi sendiri mengandalkan kamera dan radar pada April lalu. Selain itu, perusahaan Zeijang Geely Holding Group juga sudah menguji kendaraan otonomos atas kerja sama dengan perusahaan internet, Baidu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com