Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmu Balap Berharga dari Valentino Rossi

Kompas.com - 19/07/2016, 15:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pelajaran berharga diserap Galang Hendra dan Imanuel Pratna, dua pebalap Yamaha Indonesia yang berkesempatan ikut VR46 Master Camp, di Tavulia, Italia, belum lama ini. Keduanya mendapat arahan langsung dari Valentino Rossi untuk menjadi bekal sebagai pebalap handal.

Saat pulang ke Indonesia, Galang dan Imanuel berbagi cerita. Ditemui di booth Yamaha PRJ, Kemayoran, Sabtu (16/7/2016), Imanuel dengan yakin mengatakan bahwa pelajaran dari tim VR36 Academy bakal menancap dan akan dipraktikkan dalam balapan.

”Nggak cuma skill dari ketangkasan mengendalikan motor flat track, tetapi juga soal mental dan beradaptasi dengan sirkuit. Kami jadi lebih percaya diri dengan motivasi yang Rossi berikan. Kita nantikan seri (ARRC) berikutnya di Sentul,” kata Imanuel.

Memangnya apa yang diturunkan dari Rossi? Imanuel tidak banyak menjabarkan. Namun dirinya mengaku mendapat arahan saat mengendalikan YZ-250 di atas sirkuit milik Rossi di Tavulia. Mengendalikan motor flat track diyakini bakal meningkatkan kekuatan mempertahankan motor.

Yamaha Racing Indonesia Galang Hendra (tengah) merebut juara saat balap mini flat track yang dipandu Valentino Rossi.
”Jelas untuk meningkatkan handling. Dalam kondisi high side atau keluar jalur, motor tetap kepegang. Latihan flat track pengaruhnya besar sekali untuk ketangkasan rider,” kata Galang menyahuti omongan Imanuel.

Saat latihan di Sirkuit Misano menggunakan Yamaha R3, Galang juga bercerita bahwa Rossi memberi berbagai macam arahan sebelum para pebalap terjun.

”Dia kasih semangat, menekankan soal cepatnya beradaptasi. Jadi 2-3 lap kita sudah harus kencang. Rossi juga mengatakan kalau pebalap harus lebih berani overtaking dengan teknik,” kata Galang.

Galang, Imanuel, dan tiga pebalap Asia lain dari ARRC cukup bikin terkejut tim VR46 Racing Academy. Catatan waktu mereka, baik di Moto Ranch atau Misano sangat mendekati pebalap-pebalap senior di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com