Batasan Luka Berat dan Ringan pada Kecelakaan Lalu Lintas

Kompas.com - 15/07/2016, 07:01 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Keterangan luka berat dan luka ringan kerap ditemui saat ada pemberitaan kecelakaan, khususnya lalu lintas. Namun, sebenarnya apa kriteria penggolongan jenis cedera tersebut?

Definisi luka ringan tertera di dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULLAJ), pasal 229 ayat 3. Bunyi pasal tersebut yaitu, yang dimaksud dengan “luka ringan” adalah luka yang mengakibatkan korban menderita sakit, yang tidak memerlukan perawatan inap di rumah sakit atau selain yang di klasifikasikan dalam luka berat.

Sementara, terkait dengan luka berat, terdapat pada pasal yang sama, namun ada di ayat keempat. Kriteria "luka berat" yang dijabarkan dalam undang-undang setidaknya memiliki tujuh poin, sebagai berikut.

a. Korban jatuh sakit dan tidak ada harapan sembuh sama sekali, atau menimbulkan bahaya maut.

b. Korban tidak mampu terus-menerus menjalankan tugas jabatan atau pekerjaan.

c. Korban kehilangan salah satu panca indra.

d. Korban menderita cacat berat atau lumpuh.

e. Korban terganggu daya pikir selama empat minggu lebih.

f. Korban gugur atau matinya kandungan seorang perempuan.

g. Korban luka yang membutuhkan perawatan di rumah sakit lebih dari 30 hari.

Mengetahui kriteria luka pada kecelakaan, bisa jadi dasar seorang korban kecelakaan, ketika akan menuntut pihak yang jadi penyebab kecelakaan. Dendan atau sanksi yang dikenakan pada pengendara yang jadi penyebab kecelakaan juga sudah diatur di dalam UULLAJ.

Baca juga : Denda Jutaan Rupiah, Bagi Pengendara “Ugal-ugalan” (Penyebab Kecelakaan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.