Tesla Hilangkan Fitur “Otonomos”?

Kompas.com - 13/07/2016, 09:31 WIB
Ilustrasi mobil otonomos atau self-driving Tesla. Ilustrasi mobil otonomos atau self-driving Tesla.
|
EditorAzwar Ferdian

Detroit, KompasOtomotif – Kecelakaan fatal pertama, yang melibatkan mobil dengan fitur otonomos, sempat melunturkan semangat pengembangan teknologi masa depan ini. Aturan baru juga sudah mulai dirancang oleh pihak berwenang di Amerika Serikat, terkait mobil self-driving (otonomos).

Baca juga : Kecelakaan Fatal Melunturkan Semangat “Otonomos”

Menanggapi hal tersebut, Elon Musk, Chief Executive Tesla Motors mengatakan, kalau pihaknya belum memiliki rencana untuk menonaktifkan fitur “autopilot” tersebut. Rencana yang pasti akan dilakukan yaitu, akan mengedukasi konsumen, bagaimana fitur itu bekerja.

“Perusahaan kami pada kenyataannya saat ini, akan mengedukasi para pelanggan, terkait dengan fitur tersebut. Ternyata masih banyak yang belum mengerti apa itu, dan bagaimana mengoperasikannya dengan benar,” ujar Musk mengutip Reuters, Selasa (12/7/2016).

Usai kecelakaan pada 7 Mei 2016 lalu, Tesla saat ini masih berada di bawah pengawasan pihak berwenang. Dalam kecelakaan ini, satu orang meninggal dunia. Kejadian ini terjadi ketika sensor mobil, tidak bisa membaca traktor yang berbelok, sehingga gagal mengaktifkan rem.

Sang pemilik mobil, Joshua Brown, berusia 40 tahun pada saat itu sedang mengaktifkan fitur otonomos, yang ada di mobil Tesla miliknya. Kasus kecelakaan yang terjadi dua bulan lalu, sedang diinvestigasi lebih lanjut.

Pihak Lembaga Keselamatan Otomotif Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) juga sudah mlelayangkan surat, untuk meminta rincian semua ubahan desain, dan pembaharuan terkait fitur otonomos milik Tesla.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X