Walikota London Makin Tegas dengan "Mobil Beracun"

Kompas.com - 11/07/2016, 07:21 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

London, KompasOtomotif – Walikota London akan mengeluarkan aturan denda tambahan, bagi kendaraan yang menyumbang emisi besar atau beracun tinggi (toxicity charge/T-Charge). Regulasi ini, ditujukan terutama untuk yang belum berstandar Euro IV, atau diproduksi di bawah 2005.

Mengutip AutoExpress.co.uk, Minggu (10/7/2016) aturan ini sudah dikonfirmasi dan akan diaplikasikan pada tahun 2017. Tahap awal, denda tambahan yang akan dibebankan, untuk sepeda motor dan semua jenis mobil, mulai dari denda minimal 10-11,50 poundsterling atau Rp 190.000-an.

T-Charge ini berlaku untuk kendaraan, yang berbahan bakar diesel maupun bensin. Angka dendanya akan disesuaikan dengan kondisi emisi, semakin beracun, maka denda tentu akan semakin besar.

Setelah T-Charge, Walikota London, Sadiq Khan, akan menaikkan tahap penurunan emisi dengan memperkenalkan Ultra-Low Emission Zone. Rencananya regulasi ini akan diresmikan pada 2019. Dimulai dari pusat kota London, kemudian bertahap keseluruh kota, hingga 2020.

Angka minimal denda juga ditambah, dari 10-11,50  poundsterling menjadi 12,50 poundsterling. Penurunan emisi jadi salah satu isu yang sedang gencar dilakukan oleh walikota baru London ini.

Khan mengatakan, hampir 10.000 orang meninggal cepat setiap tahun di London, karena terkena polusi udara. Jadi, membersihkan udara beracun London saat ini, adalah masalah hidup dan mati.

"Sekarang giliran kami untuk bertindak, demi kebaikan London dan untuk generasi yang akan datang. Itu sebabnya saya meluncurkan aturan yang keras, tujuannya untuk membersihkan udara kotor kami,” ujar pria Islam campuran Inggris dan Pakistan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.