Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Arus Balik, Tol Bisa Gratis tapi Situasional

Kompas.com - 08/07/2016, 14:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Arus mudik 2016 lebih tinggi dari tahun lalu. Menurut data Jasa Marga yang tertera di kantor gerbang Cikarang Utama di tol Jakarta-Cikampek, rata-rata per hari kendaraan yang melintas menuju Bandung lebih dari 100.000 unit. Sebelumnya volume tidak lebih dari itu.

Beberapa langkah antisipasis sudah disiapkan. Diprediksi arus balik juga sangat ramai. Di antaranya mulai dari penukaran uang receh, gerbang tol otomatis dibuka buat transaksi tunai, hingga mengarahkan arus keluar ke Cikarang Barat. Namun ada opsi lain yang menarik, yakni tol gratis.

Saat ditemui di kantor gerbang Cikarang Utama, Florisco Siahaan Deputy General Manager Tol Collection Cabang Jakarta-Cikampek Jasa Marga menyampaikan, wacana gratis sudah beredar di kalangan pimpinan. Bila saja opsi itu dilakukan berlaku situasional atau jika solusi lain sudah tidak bisa membantu kelancaran.

“Itu situasional, saya belum ada info,” kata Florisco kepada KompasOtomotif, Kamis (7/7/2016).

Contoh situasi yang digambarkan sampai butuh digratiskan, bila antrean di pintu tol Cikarang Utama mencapai 5 km atau kira-kira sampai pintu tol Cibatu.

“Kalau kondisinya ketika panjang dan sudah tidak kondusif maka kami akan bebaskan. Makanya kami antisipasi, mudah-mudahan tidak terjadi chaos,” katanya.

Prediksinya puncak arus balik, lanjut Florisco, akan terjadi pada akhir pekan ini. Namun, meningkat libur pelajar yang masih panjang kemungkinan arus balik jadi terpecah, pada akhir pekan ini dan pekan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com