5 Tips Ini Akan Membuat Mudik Lebaran Anda Aman dan Nyaman

Kompas.com - 02/07/2016, 13:17 WIB
Penulis advertorial
|
EditorAris F Harvenda

Memasuki minggu terakhir bulan Ramadan, banyak anak-anak sekolah yang sudah mulai libur dan para pekerja kantoran sudah mendapatkan cuti. Saat-saat inilah akan digunakan para pemudik untuk memulai perjalanan menuju ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama sanak keluarga.

Namun, setiap tahunnya para pemudik harus bertemu kemacetan yang disebabkan oleh padatnya arus mudik. Mungkin beberapa tahun kemarin Anda pernah mengalaminya. Perjalanan ke kampung halaman yang pada hari biasa hanya memakan waktu 12 hingga 14 jam, pada waktu arus mudik bisa menjadi 20 hingga 24 jam.

Hal tersebut tentu membutuhkan stamina yang prima agar tidak drop sesampainya di kota tujuan. Apalagi bagi Anda yang mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil.

Kemacetan akan membuat kondisi tubuh bahkan pikiran menjadi cepat lelah. Lalu jika sudah lelah, kecelakaan pun bisa saja menimpa Anda dan keluarga. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, kan?

Berikut lima tips yang bisa Anda lakukan saat melakukan perjalanan mudik supaya nyaman, aman, dan selamat sampai kota tujuan.

1. Manfaatkan teknologi

Google Map, Waze, Sygic, Wisepilot, dan aplikasi GPS lainnya dapat membantu Anda mengetahui kondisi jalan yang akan ditempuh. Selain itu, dengan aplikasi-aplikasi tersebut, Anda dapat mencari jalan alternatif sehingga terhindar dari kemacetan.

2. Siapkan musik favorit

Nah, jika sudah terjebak dalam kemacetan, biasanya para pemudik mudah sekali terpancing emosinya. Untuk menenangkan suasana hati yang sedang panas karena macet, Anda bisa menyiapkan lagu-lagu favorit yang akan membantu memperbaiki suasana hati. Simpan lagu-lagu favorit di CD atau gawai Anda.

3. Sediakan perbekalan yang Lebih

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.