Kompas.com - 01/07/2016, 18:06 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Lahirnya Institut Otomotif Indonesia (IOI) jadi satu harapan untuk perkembangan industri otomotif di masa depan. Meski sebagian pihak masih mempertanyakan keberadaannya akan bersaing denga Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), namun dukungan juga bermunculan.

Presiden Direktur Garansindo Muhammad Al Abdullah menyatakan, kalau kehadiran IOI menjadi angin segar bagi percaturan industri otomotif nasional. Selain itu, Garansindo juga mengumumkan kalau “Gesits” merupakan anggota pertama IOI.

Gesits adalah proyek kolaborasi sepeda motor listrik lokal, oleh Garansindo bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember  (ITS), Surabaya.

“Kami merasa memiliki visi misi yang sama, khususnya dalam memajukan industri otomotif tanah air. Saya sendiri sudah berkomunikasi dengan Presiden IOI, I Made Dana Tangkas, dan kami selaras dan cocok,” ujar Al, Rabu (29/6/2016).

Al melanjutkan, antara Gesits dan IOI sama-sama memulai dari nol, dan melakukan pengembangan bersama-sama.

“Gesits merupakan produk yang, hampir 100 persen komponennya berasal dari perusahaan lokal, tier dua dan tiga. Di mana tier dua dan tiga itu juga yang sedang ingin digenjot IOI. Kami saat ini masih terus menempel IOI untuk memasukkan Gesits,” ujar Al.

Setelah mendapat kabar ini, KompasOtomotif coba langsung mengkonfirmai kepada IOI, khususnya Made Dana. Namun, sampai saat ini belum mendapatkan jawabannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.