Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gesits Klaim Jadi Anggota Pertama IOI

Kompas.com - 01/07/2016, 18:06 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Lahirnya Institut Otomotif Indonesia (IOI) jadi satu harapan untuk perkembangan industri otomotif di masa depan. Meski sebagian pihak masih mempertanyakan keberadaannya akan bersaing denga Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), namun dukungan juga bermunculan.

Presiden Direktur Garansindo Muhammad Al Abdullah menyatakan, kalau kehadiran IOI menjadi angin segar bagi percaturan industri otomotif nasional. Selain itu, Garansindo juga mengumumkan kalau “Gesits” merupakan anggota pertama IOI.

Gesits adalah proyek kolaborasi sepeda motor listrik lokal, oleh Garansindo bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember  (ITS), Surabaya.

“Kami merasa memiliki visi misi yang sama, khususnya dalam memajukan industri otomotif tanah air. Saya sendiri sudah berkomunikasi dengan Presiden IOI, I Made Dana Tangkas, dan kami selaras dan cocok,” ujar Al, Rabu (29/6/2016).

Al melanjutkan, antara Gesits dan IOI sama-sama memulai dari nol, dan melakukan pengembangan bersama-sama.

“Gesits merupakan produk yang, hampir 100 persen komponennya berasal dari perusahaan lokal, tier dua dan tiga. Di mana tier dua dan tiga itu juga yang sedang ingin digenjot IOI. Kami saat ini masih terus menempel IOI untuk memasukkan Gesits,” ujar Al.

Setelah mendapat kabar ini, KompasOtomotif coba langsung mengkonfirmai kepada IOI, khususnya Made Dana. Namun, sampai saat ini belum mendapatkan jawabannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com