Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Motorrad Indonesia Hindari Moge “Bodong”

Kompas.com - 17/06/2016, 07:24 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sejak 1 Januari lalu, pemegang merek BMW Motorrad di Indonesia, Maxindo Moto Nusantara, membuka registrasi ulang buat unit-unit lama agar bisa mendapatkan layanan purna jual dalam sistem baru. Langkah ini juga punya tujuan lain, salah satunya mengurangi jumlah unit moge “bodong” alias tanpa identitas resmi.

CEO Maxindo Joe Frans di Jakarta, Rabu (15/6/2016), mengatakan, antusiasnya cukup tinggi, Jumlah pemilik yang mendaftar sampai sekarang mencapai ratusan.

Bahkan dikatakan masih banyak pemilik di daerah yang belum sempat ikutan, makanya Maxindo memutuskan memperpanjang batas akhir tempo dari seharusnya 31 Maret menjadi 30 Juni.

“Cukup banyak tapi saya engga hapal jumlahnya. Kami tetap pada dasarnya  tidak menyarankan ‘bodong’, mereka itu tipu pajak, mereka tipu surat-surat,” ucap Joe.

BMW Motorrad Indonesia BMW Motorrad Registration (BMR) diperpanjang hingga 30 Juni 2016
Selain masalah administrasi, perawatan unit BMW Motorrad juga harus dilakukan di bengkel resmi yang terkoneksi langsung ke divisi teknis dari prinsipal di Jerman. Salah satu kerugian bila tidak terdaftar, misalnya, tidak mendapat update perangkat lunak.

“Kalau lewat jalur resmi pasti mendapat program dan layanan yang layak. Kadang ada beberapa orang yang akal-akalan, nah ini yang bikin masalah. Mereka tidak ada pelatihan dan pengetahuan resmi dari BMW Motorrad,” kata Joe.

Maxindo sedang membangun diler baru di sebrang Cilandak Town Square di Cilandak, Jakarta. Fasilitas itu rencananya selesai pada Juli dan nantinya menjadi diler terbesar BMW Motorrad di dunia.

Selain melayani perawatan unit, di diler itu para pemilik juga mendapat perlakuan khusus dengan berbagai layanan. Itulah satu keuntungan lagi terdaftar di Maxindo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com