Ini Bedanya Suspensi Brio RS dan Satya

Kompas.com - 08/06/2016, 18:02 WIB
Suspensi Honda Brio RS dirancang lebih kaku. Febri Ardani/KompasOtomotifSuspensi Honda Brio RS dirancang lebih kaku.
|
EditorAgung Kurniawan

Bogor, KompasOtomotif – Pada model facelift 2016, Brio Satya dan RS tidak lagi dibedakan cuma pada kelengkapan fitur tapi juga suspensi. Honda Prospect Motor (HPM) merancang RS dengan spesifikasi suspensi berkarakter lebih sporty, hasilnya rasa berkendara lumayan berbeda.

Honda Prospect Motor (HPM) Beda suspensi Honda Brio RS dibanding Satya
Suspensi RS dan Satya sama, menggunakan jenis MacPherson Strut pada bagian depan dan H-shape torsion beam di belakang. Namun pada RS, caster angle pada kaki depan diubah agar mendapatkan tambahan kestabilan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Suspensi depan Honda Brio RS (kiri) dan belakang.
Menurut Muhamad Zuhdi, Service Senior Manager HPM, di Bogor, Jumat (3/6/2016), perubahan itu membuat RS lebih lincah bergerak sekaligus mengurangi body roll. Dibanding Satya, damping force RS lebih besar.

“Jadi lebih kaku, pengemudi bisa merasakan kondisi permukaan jalan,” ucap Zuhdi.

Febri Ardani/KompasOtomotif Beda ban dan pelek Honda Brio RS (kanan) dan Brio Satya 2016.
Hal lain yang juga membuat rasa berkendara berbeda adalah pilihan ban, Satya dibekali ban Dunlop Ensave 175/55 dengan pelek 14 inci. Sedangkan RS cenderung tipis karena memakai Bridgestone Potenza 185/55/ dengan pelek lebih lebar, 15 inci.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X