KLX Tanpa STNK Cuma untuk "Off-road"

Kompas.com - 05/06/2016, 15:02 WIB
Kawasaki KLX spesifikasi khusus Febri Ardani/KompasOtomotifKawasaki KLX spesifikasi khusus "off-road" resmi meluncur di Tangerang, Minggu (5/6/2016).
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotif – Setiap bulan Kawasaki KLX 150 laku 3.500 unit, jumlahnya cukup banyak tapi jarang terlihat di jalanan. Menurut  Michael Candra Tanadhi, Deputy Head Sales Dept. Marketing and Sales Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), sebagian besar unit beredar di kawasan off-road.

KLX 150 yang kita kenal adalah model trail dengan kemampuan bekerja di dua habitat, aspal atau tanah semua bisa. Buat memenuhi kemauan konsumen yang tidak mau main di aspal, KMI meluncurkan varian baru bernama KLX (tanpa 150) di Tangerang, Minggu (5/6/2015).

Febri Ardani/KompasOtomotif Kawasaki KLX dengan suspensi velg dan swing arm bahan alumunium.
KLX merupakan versi khusus lintasan off-road dari KLX 150. Dibanding model pendahulunya, KLX tidak punya syarat sebagai sepeda motor jalanan sebab tidak memiliki lampu depan, lampu sein, spion, dan plat nomor. Motor ini ditawarkan tanpa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dengan harga Rp 35,9 juta.

Febri Ardani/KompasOtomotif Meski basis mesinnya sama, 144cc, Kawasaki KLX memiliki karburator Keihin 20, berbeda dengan KLX 150 Series.
KLX menggunakan mesin yang sama seperti saudaranya, 144 cc berpendingin udara tapi beda karburator. Dibanding KLX 150 BF (11,5 tk) tenaga KLX lebih kecil sedikit yaitu 11,1 tk, torsinya juga cuma naik tipis dari 11,3 Nm menjadi 12 Nm.

Dari spesifikasi mesin memang tidak banyak berubah, tapi bedanya KLX lebih enteng, total beratnya 99 kg berkat penggunaan material lebih ringan. Velg dan swing arm berbahan alumunium, selain itu knalpot dan tangki bahan bakar juga menggunakan bahan enteng.

KLX dirancang untuk menaklukan tantangan lintasan off-road, sebab itu jarak terendah bodi ke permukaan tanah ditinggikan menjadi 315 mm. Menariknya, tinggi jok 860 mm, itu artinya lebih mudah menapakan kaki ke tanah.

"Banyak orang yang menggemari adventure beli KLX 150 BF tapi (suku cadangnya) dicopot-copotin tuh biar enteng. Banyak juga yang diganti, gear dan apanyalah. Dibanding mereka mesti mengeluarkan dana yang lebih besar untuk itu, kami keluarkan model ini," kata Michael.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X