Pengemudi Otonomos Tepergok Sambil Tidur

Kompas.com - 27/05/2016, 13:02 WIB
Pengemudi Tesla Model S tepergok tertidur saat mobil berjalan dengan sistem otonomos menyala. electrek.coPengemudi Tesla Model S tepergok tertidur saat mobil berjalan dengan sistem otonomos menyala.
|
EditorAgung Kurniawan

California, KompasOtomotif – Dasar teknologi otonomos yaitu meminimalkan kerja pengemudi sebab mobil bisa berlalu-lintas dengan bantuan komputer dan sensor. Tapi sepertinya pengemudi yang satu ini terlalu tergantung pada teknologi itu, sebab dia ketahuan tertidur saat mobil sedang melaju dalam kondisi otonomos.

Seorang pengguna jalan mengabadikan momen menjadi video. Pengemudi itu berada di kabin Tesla Model S yang memang punya sistem otonomos atau disebut Tesla, Autopilot.

Sistem Autopilot yang dikembangkan Tesla memang diakui canggih, mengombinasikan cruise control dan kemudi otomatis. Tapi bukan berarti bisa lolos penggunaan tanpa pengawasan pengemudi.

Itu sebabnya, pada Model S terdapat peringatan jika komputer tidak memiliki data yang cukup menjalankan mobil dengan aman. Jika peringatan diabaikan, maka mobil secara otomatis akan mengurangi kecepatan, lampu hazard menyala.

Entah apa penyebabnya pengemudi itu bisa terlelap, tapi inilah salah satu kejadian yang mungkin saja terjadi di jalanan. Otonomos masih dikembangkan, jadi belum sepenuhnya bisa diandalkan. Sampai saatnya nanti sudah sempurna, manusia tetap harus pasang mata ke jalan untuk keselamatan.  

Lihat video berikut.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X