Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengemudi Otonomos Tepergok Sambil Tidur

Kompas.com - 27/05/2016, 13:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif – Dasar teknologi otonomos yaitu meminimalkan kerja pengemudi sebab mobil bisa berlalu-lintas dengan bantuan komputer dan sensor. Tapi sepertinya pengemudi yang satu ini terlalu tergantung pada teknologi itu, sebab dia ketahuan tertidur saat mobil sedang melaju dalam kondisi otonomos.

Seorang pengguna jalan mengabadikan momen menjadi video. Pengemudi itu berada di kabin Tesla Model S yang memang punya sistem otonomos atau disebut Tesla, Autopilot.

Sistem Autopilot yang dikembangkan Tesla memang diakui canggih, mengombinasikan cruise control dan kemudi otomatis. Tapi bukan berarti bisa lolos penggunaan tanpa pengawasan pengemudi.

Itu sebabnya, pada Model S terdapat peringatan jika komputer tidak memiliki data yang cukup menjalankan mobil dengan aman. Jika peringatan diabaikan, maka mobil secara otomatis akan mengurangi kecepatan, lampu hazard menyala.

Entah apa penyebabnya pengemudi itu bisa terlelap, tapi inilah salah satu kejadian yang mungkin saja terjadi di jalanan. Otonomos masih dikembangkan, jadi belum sepenuhnya bisa diandalkan. Sampai saatnya nanti sudah sempurna, manusia tetap harus pasang mata ke jalan untuk keselamatan.  

Lihat video berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com