Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkenalkan, Pemilik Pertama “Supercar” Honda NSX

Kompas.com - 27/05/2016, 10:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Marysville, KompasOtomotif – Setelah diproduksi sejak 19 Maret 2016 di Performance Manufacturing Center (PMC), Marysville, Ohio, Amerika Serikat (AS), kini supercar Honda NSX sudah bisa menjamah para konsumen umum. Pembeli beruntung yang mendapatkan unit dengan vehicle identification number (VIN) #001 adalah Rick Hendrick.

Diberitakan laman motorauthority.com, Jumat (27/5/2016), Hendrick merupakan pemilik tim balap mobil NASCAR, Hendrick Motorsport atau pendiri Hendrick Automotive Group. Pria itu bisa memiliki mobil super Honda itu setelah menang lelang di Barrett-Jackson pada Januari 2016.

Baca juga: "Supercar" Honda NSX Masuk Jalur Produksi

Nilai pembelian Honda NSX generasi kedua itu mencapai 1,2 juta dollar AS atau setara dengan Rp 16,3 triliun. Hasil lelang diserahkan Honda USA kepada Pediatric Brain Tumor Foundation dan Camp Southern Ground.

Menariknya, Hendrick mendapatkan kesempatan langka, yakni bisa langsung mengendarai mobil supernya setelah keluar dari tempat perakitan.

“Ini menjadi momen yang istimewa bagi saya karena bisa langsung merasakan dan melihat pengiriman Acura NSX pertama. Hasil lelang ini juga sangat bermanfaat bagi anak-anak di organisasi tersebut,” ujar Hendrick.

Selain Hendrick, konsumen lain yang berada di AS, pengiriman akan dimulai setelah beberapa pekan diproduksi. Tetapi, untuk Eropa harus sedikit bersabar, sebab baru dikirim saat musim gugur tahun ini.

Baca juga: Sosok Wanita Cantik Kreator Acura NSX

NSX ini diikembangkan di Pusat R&D Honda America di Ohio. Dimensi versi produksi ini dibanding model konsep, bertambah panjang 4,5 cm menjadi 4,47 m, lebar 12,9 cm menjadi 1,94 m, dan tinggi 4,5 cm menjadi 1,215 m. Sedangkan wheelbase memanjang sekitar 2 cm menjadi 2,63 m.

Jarak sumbu roda yang cukup panjang dirancang untuk memaksimalkan stabilitas sehingga mampu bermanuver dengan baik. Bahkan diklaim untuk sektor aerodinamis sudah dilakukan penyempurnaan sehingga dapat menghadirkan daya tekan yang baik.

Sumber tenaga dihasilkan mesin Sport Hybrid All Super Handling All-Wheel Drive (SH-AWD) yang didukung tiga motor listrik berperforma tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com