Komponen Mobil Eropa Masih Langka di Indonesia

Kompas.com - 24/05/2016, 18:31 WIB
Pabrik perakitan Mercedes Benz di Wanaherang, Gunung Putri, Bogor. Ghulam/KompasOtomotifPabrik perakitan Mercedes Benz di Wanaherang, Gunung Putri, Bogor.
|
EditorAgung Kurniawan

Bogor, KompasOtomotif – Mercedes Benz dan BMW, merupakan dua merek mobil asal eropa yang merakit beberapa model mobilnya di Indonesia. Namun, komposisi komponennya masih didominasi oleh barang impor.

Roelof Lamberts, Presiden and CEO Mercedes Benz Distribution Indonesia mengatakan, untuk produk Mercy yang dirakit lokal, persentase lokal kontennya masih rendah. Ini lantaran volume penjualan mobil Mercy yang belum besar, sehingga biaya lokal konten akan mahal dibanding jika dibawa dari Jerman.

“Komponen lokal kami masih ada di level rendah, dan untuk meingkatkan itu kami sangat membutuhkan volume penjualan. Namun jika ke depannya ada peluang volume besar dan ekspor, kami bisa mempertimbangkan itu,” ujar Lamberts, Selasa (24/5/2016).

I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian  mengakui, industri komponen lokal yang memiliki standar mobil eropa khususnya Jerman, masih sangat kecil jumlahnya. Ini jadi salah satu kendala mengapa lokal konten produk mobil Eropa masih sangat kecil.

“Seperti yang sudah disampaikan, industri komponen itu membutuhkan volume, jadi kalau volumenya kecil, mereka tidak akan tertarik untuk datang ke Indonesia. Karena merek seperti Mercedes Benz atau mobil eropa lain, memiliki jaringan komponennya sendiri. Jadi kita tentu mengharapkan volume penjualan mobil eropa bertambah dan industri komponennya akan berinvestasi di Indonesia,” tutur Putu menjawab KompasOtomotif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.