Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Siap Layani Permintaan yang Naik

Kompas.com - 22/05/2016, 10:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ibarat kata, saat ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sedang melakukan ”buka-tutup arus”. Fokus pabrik mulai diarahkan untuk memenuhi permintaan NMAX, sementara model lain pasokannya dikurangi.

Ini bukan soal cukup atau tidaknya pabrik YIMM, tetapi lebih karena menyesuaikan pasokan, stok, dan permintaan. Bisa saja kapasitas produksi di pabrik ditambah, namun Yamaha tak mau keteteran soal stok yang menumpuk.

”Yamaha (Indonesia) punya kapasitas pabrik 3 juta unit, dari Pulogadung dan Karawang. Target kami 2 juta unit tahun ini, artinya masih ada ruang 1 juta unit,” ujar Mohammad  Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM, (19/5/2016).

Dijelaskan lebih lanjut, saat ini kondisi permintaan sedang turun. YIMM hanya mengoptimalisasi produksi 1 shift, ditambah beberapa model yang diproduksi dengan jam kerja 2 shift.

Masykur mengatakan, tidak ada opsi menambah kapasitas pabrik saat ini. Andai permintaan melonjak pun, investasi baru saat ini belum menjadi pilihan, karena kapasitas pabrik masih mencukupi. ”Tinggal siapkan saja kalau memang dibutuhkan,” kata Masykur.

Produksi paling besar Yamaha Indonesia saat ini adalah NMAX yang sudah mencapai 20.000 unit sebulan. Skutik bongsor ini bahkan harus membuat model lain mengalah, salah satunya adalah New V-Ixion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com