Musim Mudik, Awas Kena “Palak” Rental Mobil!

Kompas.com - 19/05/2016, 14:03 WIB
Ilustrasi rental mobil istimewaIlustrasi rental mobil
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com – Pernahkah Anda kecewa dengan rental mobil karena harga sewa yang harus dibayarkan lebih mahal daripada tawaran awal? Pernah dapat mobil sewa yang tidak sesuai pesanan?

Pengalaman seperti itu pernah dialami Unggul Sagena, pemakai salah satu jasa rental mobil di Bogor, Jawa Barat. Niat hati mau berhemat dengan harga promo, yang terjadi Unggul justru kena “palak” saat disodori tagihan sewa.

Pada 2014, ia berniat menghadiri sebuah undangan memakai mobil dari rental yang menawarkan harga Rp 25.000 per jam di internet.

“Daripada sewa harian yang bisa dihargai Rp 400.000, saya pikir akan lebih hemat dengan sistem per jam, perkiraan akan menyewa selama empat jam” tutur dia dalam blog-nya yang lalu dikonfirmasi ulang oleh Kompas.com pada Selasa (17/5/2016).

Melalui telepon, Unggul membuat janji dengan pemilik rental. Mereka deal, mobil sewa yaitu Avanza beserta sopir akan datang ke rumah Unggul pada esok petang. Tunggu punya tunggu pada hari berikutnya, mobil baru datang pada pukul 18.00 WIB.

Itu pun, mobil yang datang bukan Avanza seperti perjanjian.  “Sudah telat, yang tiba Luxio,” ujar Unggul.

Komplain, ia telepon lagi pemilik rental. “Pemilik rental mengajak saya bernegosiasi, dengan mobil yang tidak sesuai katanya akan ada potongan harga,” kata dia.

Karena malas berdebat, dan waktu semakin mepet, Unggul pun menerima tawaran itu. Namun, betapa kagetnya Unggul sesampainya di rumah, sopir memberi tagihan Rp 200.000 untuk jasa sewa yang seharusnya Rp 100.000 untuk pemakaian empat jam.

“Kecewa sekali seperti tertipu, pemilik rental bilang kami dapat potongan harga. Sudah begitu, sebelumnya harus isi bensin Rp 100.000 dan memberi uang tol kurang lebih Rp 50.000. Saya mengalah dan membayar tagihannya. (Namun), kapok!” ungkap Unggul.

Pengalaman Unggul bisa jadi pernah dialami banyak orang, tak hanya yang baru sekali menyewa mobil. Apa pelajaran yang bisa dipetik dari pengalaman-pengalaman seperti ini?

Biar tak tertipu

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X