Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teruci Atasi "Alam Liar" Sumatera

Kompas.com - 16/05/2016, 16:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pulau Sumatera adalah lokasi yang sering dijadikan lokasi touring bila ingin cari yang beda dari pulau Jawa. Wilayahnya tergolong gampang dijamah lewat darat tapi bukan berarti mudah ditaklukan seperti cerita komunitas Terios Club Indonesia (Teruci) yang baru saja berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan, pada 3 - 8 Mei lalu.

Perjalanan bertajuk “Touring Explore Ranah Minang“ dilakukan untuk menguji ketangguhan kedua SUV terlaris di Indonesia sekaligus mengeksplorasi keindahan alam Sumatera. Total ada 60 unit yang bergabung jadi rombongan, 10 unit berangkat dari Jawad dan sisanya berasal dari Teruci chapter Padang, Palembang, dan Pekanbaru.

Peserta terjauh berangkat dari Jawa Tengah, selama sembilan hari perjalanan dia menempuh 4.295 km dan menghabiskan 355.9 km. Itu berarti rata – rata konsumsi bahan bakarnya 12 km/l.

Terios Rush Club Indonesia (TeRuci) “Touring Explore Ranah Minang “ dari Terios Rush Club Indonesia (TeRuci).
Jalan – jalan di Sumatera menguras tenaga dan pikiran, kata Frenni A, Ketua Umum Teruci, dalam siaran untuk media, Minggu (15/5/2016). Medan yang dilalui meliuk-liuk disertai tanjakan dan turunan khas Sumatera.

"Dengan mengusung safety driving selama perjalanan, akhirnya semua peserta dapat kembali dengan zero aciddent," ujar Frenny.

Ketua Panitia, Ferry Rinaldy, menjelaskan, selama perjalanan ada banya khal menantang, misalnya menjajal jalanan off-road di perkebunan sawit. Rombongan memilih jalur itu untuk menghindari kemacetan yang terjadi karena kecelakaan truk di jalur Bukittinggi – Jambi. Saat perjalanan pulang, rute Palembang – Lampung, peserta bertemu jalan licin akibat tumpahan oli dan guyuran hujan deras sejauh 50 kilometer.

“Tapi, dengan kecepatan 20 – 30 kpj, kami dapat melewati  jalur tersebut dengan selamat," kata Ferry.

Selama perjalanan rombongan sempat berhenti enam kali untuk beristirahat. Beberapa lokasi wisata populer dikunjungi seperti Istana Pagaruyung, Lembah Harau, Kelok 9, Jam Gadang, City Tour Padang, City Tour Palembang, Jembatan Ampera, dan Stadion Jakabaring.

Saat acara malam ramah tamah di Bukittinggi, Sumatera Barat, peserta touring saling mengakrabkan diri dengan rekan-rekan Teruci lain se-Indonesia. Di lokasi itu juga tim berkunjung ke diler Toyota setempat untuk mendapat pengecekan kendaraan. Sebelum berangkat, peserta asal Jawa juga melakukan pengecekan di diler Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com