Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mobil Sejuta Umat" Mitsubishi Siap Terjang BR-V

Kompas.com - 16/05/2016, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Denpasar, KompasOtomotif — Prototipe small (multi-purpose vehicle/MPV) Mitsubishi siap dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2016. Meski berstatus kendaraan multiguna, Mitsubishi memastikan akan menghadirkan karakter desain sport utility vehicle (SUV) atau crossover.

Karena itu, menurut Irwan Kuncoro, Operating GM MMC Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), model terbarunya itu bisa meng-cover atau penetrasi ke pasar low sport utility vehicle (LSUV) yang belakangan ini sedang tumbuh pesat di pasar otomotif nasional.

"Jadi, bisa dibilang nanti bentuknya semacam crossover," ucap Irwan di sela acara media test drive All New Pajero Sport, di Bali, Jumat (13/5/2016).

Lantas, ketika ditanya small MPV tersebut nantinya bersaing dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Honda BR-V, Irwan menjawab, "Nanti kita lihat dulu karena desain dan juga spesifikasinya belum bisa kita informasikan secara utuh. Menunggu nanti peluncurannya." 

Prediksi Irwan, ke depan, pasar SUV di Indonesia akan terus mengalami pertumbuhan, khususnya LSUV. MPV juga tumbuh, tetapi tidak sebesar penjualan SUV dan LSUV. Kondisi seperti itu semakin membuat KTB yakin untuk meluncurkan model terbarunya itu.

Ekspor

Irwan mengatakan, target produksi setahun mencapai 80.000 unit. Namun, 60.000 khusus pasar lokal, sedangkan 20.000 untuk ekspor ke negara ASEAN yang akan dimulai pada 2018. Peluncuran di Indonesia dilakukan Oktober tahun depan.

"Tetapi, belum diketahui negara pertama mana yang akan ditentukan untuk ekspor small MPV ini," kata Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com