"Mobil Sejuta Umat" Mitsubishi Siap Terjang BR-V

Kompas.com - 16/05/2016, 08:02 WIB
Sosok siluet MPV baru Mitsubishi mulai terkuak. Tining SyamsuriahSosok siluet MPV baru Mitsubishi mulai terkuak.
|
EditorAgung Kurniawan

Denpasar, KompasOtomotif — Prototipe small (multi-purpose vehicle/MPV) Mitsubishi siap dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2016. Meski berstatus kendaraan multiguna, Mitsubishi memastikan akan menghadirkan karakter desain sport utility vehicle (SUV) atau crossover.

Karena itu, menurut Irwan Kuncoro, Operating GM MMC Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), model terbarunya itu bisa meng-cover atau penetrasi ke pasar low sport utility vehicle (LSUV) yang belakangan ini sedang tumbuh pesat di pasar otomotif nasional.

"Jadi, bisa dibilang nanti bentuknya semacam crossover," ucap Irwan di sela acara media test drive All New Pajero Sport, di Bali, Jumat (13/5/2016).

Lantas, ketika ditanya small MPV tersebut nantinya bersaing dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Honda BR-V, Irwan menjawab, "Nanti kita lihat dulu karena desain dan juga spesifikasinya belum bisa kita informasikan secara utuh. Menunggu nanti peluncurannya." 

Prediksi Irwan, ke depan, pasar SUV di Indonesia akan terus mengalami pertumbuhan, khususnya LSUV. MPV juga tumbuh, tetapi tidak sebesar penjualan SUV dan LSUV. Kondisi seperti itu semakin membuat KTB yakin untuk meluncurkan model terbarunya itu.

Ekspor

Irwan mengatakan, target produksi setahun mencapai 80.000 unit. Namun, 60.000 khusus pasar lokal, sedangkan 20.000 untuk ekspor ke negara ASEAN yang akan dimulai pada 2018. Peluncuran di Indonesia dilakukan Oktober tahun depan.

"Tetapi, belum diketahui negara pertama mana yang akan ditentukan untuk ekspor small MPV ini," kata Irwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.