Upaya Merangsang Sentralisasi Industri Komponen di Daerah

Kompas.com - 13/05/2016, 07:41 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Industri otomotif Indonesia tidak akan semakin kuat jika belum didukung perkembangan industri komponen. Pemerintah lewat Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sekarang sedang berusaha merangsang pertumbuhan dengan membuat sentralisasi industri komponen di daerah – daerah.

I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, di Jakarta, Rabu (11/5/2016), menjelaskan, bukan pemerintah yang membangun industri tapi pelaku usahanya. Pemerintah hanya bertugas menyediakan insentif dan bantuan – bantuan teknis.

“Oleh sebab itu sekarang kami sedang mengupayakan satu, semacam lembaga ABGC (academic-business-government-community), supaya bisa tumbuh beberapa pusat – pusat pengembangan industri komponen di daerah – daerah,” kata Putu.

Menurut Putu, ada banyak daerah potensial untuk dikembangkan seperti Boyolali, Yogyakarta, dan Surabaya. Selain itu juga sudah ada daerah lain yang bahkan punya bisnis komponen.

“Mereka kita bina supaya bisa naik kelas, bukan hanya bikin barang KW 2 atau KW 3 tapi ke depan bisa jadi OEM,” ucap Putu.

Salah satu peran lembaga itu yakni memberdayakan masyarakat. Hingga akhirnya masyarakat itu sendiri yang menumbuhkan industri tanpa harus ada campur tangan pemerintah secara langsung.

“Pemerintah hanya memberikan stimulus, yang kami harapkan yang membangun adalah para industri komponen. Kami hanya memfasilitasi, kami mungkin hanya membantu teknis memberikan alat, merestrukturisasi organisasinya,” jelas Putu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.