Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Ringan Isuzu Khusus untuk Pasar Lokal

Kompas.com - 12/05/2016, 07:41 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Karawang, KompasOtomotif - Isuzu ELF NMR 71 yang baru diluncurkan, Rabu (11/5/2016) merupakan truk ringan yang diproduksi di pabrik Isuzu Karawang, Jawa Barat. Kandungan lokalnya diklaim mencapai 43 persen dan bakal naik menjadi 55 persen di 2018.

Keiji Takeda, Presiden Direkut PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), mengatakan, generasi terbaru Elf itu dihadirkan untuk memenuhi permintaan di dalam negeri. Konsumennya rata-rata dari kalangan pebisnis dan tengah diproduksi sesuai dengan kondisi geografis Indonesia, sehingga sesuai dengan jalanan di Tanah Air.

"Walaupun namanya (NMR 71) sama seperti di negara lain, tetapi spesifikasinya berbeda dan ini khusus untuk pasar Indonesia," ujar Takeda usai acara peluncuran Isuzu Elf NMR 71 di pabrik Isuzu Karawang, Jawa Barat, Rabu (11/5/2016).

Pria asal Jepang itu menambahkan, untuk saat ini fokus model ini hanya pada pasar domestik Indonesia. Tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau truk enam ban itu akan diekspor ke negara lain. Hanya saya, harus membutuhkan penyesuaian emisi, karena yang di Indonesia masih Euro II.

"Kalau sudah yakin pasti kami ekspor. Sebab, negara lain ada yang sudah Euro III bahkan Euro IV. Kita akan pelajari terus ke depan," ucap Takeda.

Baca juga: Isuzu Indonesia Resmi Jadi Basis Produksi dan Ekspor

Selain ELF NMR 71, pabrik baru Isuzu di Karawang juga memproduksi model lain, yakni GIGA. Sampai saat ini, kapasitas masih belum maksimal, kata Takeda, proses produksi baru memanfaatkan satu shift dan fokus untuk pasar dalam negeri.

"Ekspor juga kita belum mulai, secara bertahap kita akan lakukan. Sebab, pabrik ini juga baru diresmikan awal April 2015. Ke depannya, sesuai komitmen kami, yakni menjadi basis ekspor ketiga di dunia setelah Jepang dan Thailand," ujar Takeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com