Bermain “Off Road” Menuju Kawah Wurung

Kompas.com - 09/05/2016, 16:15 WIB
Perjalanan menuju Kawah Wurung. Fikria H/Kompas.comPerjalanan menuju Kawah Wurung.
|
EditorAgung Kurniawan

Paltuding, KompasOtomotif – Perjalanan tim Ekspedisi Alam Liar, Mendaki 50 Gunung dalam 40 Hari masih berlanjut. Kali ini, rombongan sudah tiba di Pelabuhan Ketapang setelah menyebrang dari Gilimanuk. Dari lokasi ini, tim langsung menuju basecamp Paltuding di kaki Gunung Ijen.

Jaraknya mencapai 40 Km dengan waktu tempuh 1,5 jam. Setibanya di kaki Gunung Ijen, rombongan langsung beristirahat, mendirikan tenda di Paltuding. Kamis (5/5/2016), usai Willem Sigar Tasiam (58)  mendaki Ijen pukul 03.45 WIB dan kembali turun sekitar 09.30 WIB.

Tanpa beristirahat, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kawah Wurung, dengan jarak 9,6 Km dari Paltuding. Dalam perjalanan ini, Nissan Navara menemukan habitat aslinya, berjalanan menyusuri jalan setapak, berupa tanah kering, ideal untuk bermain off road.

Fikria H/Kompas.com Jalan non-aspal menjadi habitat asli Navara.

Medan off road yang dihadapi tim kali ini, relatif ringan. Tanpa perlu upaya berat buat Navara untuk melewatinya. Sesekali ada tanjakan dan tikungan tajam, namun masih mudah dilalui, karena kondisi cuaca yang bersahabat. Mungkin, kalau turun hujan, berbeda lagi kondisinya!

“Navara pakai mode berkendara 4L, jadinya jalan lebih mulus dan enggak slip. Di tanjakan, aksi merayap, pelan tapi pasti dilakukan,” kata Wartawan Kompas.com yang mengikuti tim Navara “Jelajah Tanpa Batas” Sri Anindiati Nursastri, Kamis (5/5/2016).

Dari Kawah Wurung, rombongan menuju Sumber Wringin yang merupakan basecamp di kaki Gunung Raung. Jaraknya 41 Km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Willem berangkat mendaki sekitar pukul 14.50, dan estimasi akan tiba kembali di Sumber Wringin pada Jumat (6/5/2016) siang. Perjalanan akan dilanjutkan ke kaki Gunung Argopuro.

 

 

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X