Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermain “Off Road” Menuju Kawah Wurung

Kompas.com - 09/05/2016, 16:15 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Paltuding, KompasOtomotif – Perjalanan tim Ekspedisi Alam Liar, Mendaki 50 Gunung dalam 40 Hari masih berlanjut. Kali ini, rombongan sudah tiba di Pelabuhan Ketapang setelah menyebrang dari Gilimanuk. Dari lokasi ini, tim langsung menuju basecamp Paltuding di kaki Gunung Ijen.

Jaraknya mencapai 40 Km dengan waktu tempuh 1,5 jam. Setibanya di kaki Gunung Ijen, rombongan langsung beristirahat, mendirikan tenda di Paltuding. Kamis (5/5/2016), usai Willem Sigar Tasiam (58)  mendaki Ijen pukul 03.45 WIB dan kembali turun sekitar 09.30 WIB.

Tanpa beristirahat, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kawah Wurung, dengan jarak 9,6 Km dari Paltuding. Dalam perjalanan ini, Nissan Navara menemukan habitat aslinya, berjalanan menyusuri jalan setapak, berupa tanah kering, ideal untuk bermain off road.

Fikria H/Kompas.com Jalan non-aspal menjadi habitat asli Navara.

Medan off road yang dihadapi tim kali ini, relatif ringan. Tanpa perlu upaya berat buat Navara untuk melewatinya. Sesekali ada tanjakan dan tikungan tajam, namun masih mudah dilalui, karena kondisi cuaca yang bersahabat. Mungkin, kalau turun hujan, berbeda lagi kondisinya!

“Navara pakai mode berkendara 4L, jadinya jalan lebih mulus dan enggak slip. Di tanjakan, aksi merayap, pelan tapi pasti dilakukan,” kata Wartawan Kompas.com yang mengikuti tim Navara “Jelajah Tanpa Batas” Sri Anindiati Nursastri, Kamis (5/5/2016).

Dari Kawah Wurung, rombongan menuju Sumber Wringin yang merupakan basecamp di kaki Gunung Raung. Jaraknya 41 Km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Willem berangkat mendaki sekitar pukul 14.50, dan estimasi akan tiba kembali di Sumber Wringin pada Jumat (6/5/2016) siang. Perjalanan akan dilanjutkan ke kaki Gunung Argopuro.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com